Persona Intikalia

22 Sep 2016

Pekerjaan dan Kelembaman

Aku kadang merasa bingung dengan diriku sendiri. Kalo lagi rajin, mulai shubuh sampai jam 11 malam baru berhenti bekerja. Kalo lagi males, dari shubuh dan hingga seharian pekerjaannya hanya melungker di kasur. Ini tidak baik. Haha. Harusnya aku menjadi rajin terus. Tapi kalo lagi rajin, trus diajakin rehat, ujung-ujungnya rehat terus molor-molor dan ga produktif lagi. Apalagi kalo otak sudah males mikir.  Manusia memang tidak lepas dari kelembaman.


Dan parahnya, setiap anak saya lihat saya serius di depan laptop (ini artinya lagi rajin kerja), biasanya dia bakal ngajakin saya main atau malah diajak nemenin dia bobo. Dan bisa ditebak, pekerjaan saya terlantar dan untuk memulainya lagi butuh semangat yang tinggi.

Kemarin saja mendadak rajin gara-gara habis shubuh sempat tiduran sama istri sambil ngobrol tentang salah satu pekerjaanku yang molor-molor terus. Akhirnya aku bangkit dan bilang sama istri aku kerjain saat itu juga. Efeknya? Seharian aku di depan laptop ngerjain pekerjaan itu. Istirahat cuma kalo waktu sholat dan diajak makan sama istri. Selainnya, isinya ngoding terus di depan laptop. Bahkan kemarin aku juga sampe lupa mandi sore gara-gara keasyikan ngoding. Kalo dulu malah lebih parah, kalo asyik ngoding di lab kampus sampe lupa mandi 3 hari.

Apalagi kalo pas lagi dapat masalah yang seru dan butuh membuat algoritma yang pas, sambil tiduran pun otak mikir keras. Kadang diajak ngobrol istri juga jadi ga nyambung karena memang otaknya sedang sibuk memproses hal lain. Haha. Biasanya nih kalo saya sedang seperti ini, istri saya mendadak jadi makhluk paling manja. Di sinilah sebuah godaan terbesar seorang suami, pilih istri pekerjaan tidak selesai, atau pilih pekerjaan tapi istri jadi kekurangan kasih sayang #lebay. Haha.

Tapi itulah seninya bekerja di rumah. Kadang bisa sangat produktif melebihi orang kantoran, kadang juga sangat melempem dan tidak menghasilkan apa-apa. Aku pikir kadang manusia perlu menjadi melempem untuk mengistirahatkan otak dan badannya.

1 komentar:

  1. Gua ngerti perasaan lu. Waktu di China kemaren, pas kita lagi sibuk2nya nyiapin Festival Kebudayaan Indonesia, eh pas itu pula cewe gua tiba2 jadi super manja...

    BalasHapus