Persona Intikalia

12 Mei 2017

Sesuatu yang Gratis atau Murah, Risikonya Pasti Tinggi

Beberapa hari yang lalu ada promo domain gratis .NET di banyak provider domain. Itu adalah hal yang biasa, apalagi saya adalah salah satu dari sekian blogger yang hobi banget berburu domain murah dan gratis. Saya tahu bahwa hobi saya ini punya risiko yang tinggi, dan ga cocok buat orang yang baperan.


Ada beberapa kejadian yang menimpa saya saat berburu domain murah dan gratis ini. Saya masih ingat tahun lalu saat berburu domain .NET gratis, saya kalah cepat membeli nama domain tersebut. Kug bisa sama-sama membeli domain yang sama? Jawabnya adalah karena memang saya belinya domain expired. Dan nasib domain expired itu sangat banyak yang memburu. Saya harus rela kehilangan kesempatan mendapatkan domain tersebut karena saya ikutan program domain gratis yang tentunya diproses lebih lama.

Tak lama dari kejadian itu, saya juga pernah mengalami domain yang dibeli oleh dua orang di provider yang sama. Lucunya saya bisa mengotak-atik Nameserver-nya juga, begitu juga dengan orang yang kedua. Namun, ternyata saya harus rela menerima kenyataan bahwa saya kalah dalam kasus ini. Pemilik satunya lebih cepat dalam memproses pembeliannya. Akhirnya saya ikhlaskan dan dana bisa refund dalam bentuk saldo.

Kejadian ketiga adalah saat mendaftarkan domain .NET gratis untuk adik saya. Ini juga kasus yang cukup unik. Di email adik saya tertulis bahwa domain sudah berhasil diproses. Di dasbor pengelola domain juga tertulis aktif. Sayangnya saat saya mencoba mengubah Nameserver-nya ada yang tidak beres. Ada pemberitahuan bahwa domain tersebut error.

Usut cari usut lewat pengecek domain Who.is saya akhirnya menemukan fakta yang sedikit pahit. Ternyata domain tersebut masih belum terbeli. Lucu memang. Sepertinya provider yang mengadakan promo .NET gratis ini terlewat mendaftarkan domain untuk adik saya ini.

Akhirnya saya pun mencoba untuk menghubungi customer service provider ini. Setelah chat beberapa menit, akhirnya ada email masuk di email adik saya. Ada pemberitahuan pembelian domain tersebut berhasil diproses. Saya cek lagi, alhamdulillah ternyata domain sudah terbeli. Saya juga sudah mencoba mengubah Nameserver-nya dan berhasil. Keren banget nih provider. Sudah membelikan domain .NET pesanan tersebut. Padahal kalau dipikir-pikir, kan saya dapatnya gratis. Hehe.

Memang sesuatu yang gratis atau murah itu risikonya pasti tinggi. Ada sebuah perkataan yang cukup saya ingat sampai sekarang, "murah kok mau selamat". Untuk itulah kadang untuk sesuatu yang penting, saya lebih pilih bayar yang mahal saja asal ada jaminan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar