Persona Intikalia

18 Jul 2017

Pengalaman Bikin Cap Cay Kuah Super

Dari minggu lalu sebenarnya sudah ada rencana membuat cap cay kuah sendiri. Hal ini tentu saja terilhami dari keinginan ikut lomba kreasi masak So Good dan hobi kami (saya dan istri) makan cap cay. Dari dulu sih emang kami berdua suka makan cap cay. Apalagi sejak Januari 2017 lalu sempat tahu ada penjual cap cay kaki lima di dekat rumah. Sebelumnya bisa makan cap cay kalau di mall atau depot makanan Cina doang. Karena itu lah kami sering beli cap cay dan varian makanan Cina lainnya.

Asal kamu tahu saja, yang jual cap cay tersebut bukan orang Cina loh, tapi orang Madura. Hehe. Alhasil ada kedekatan tersendiri ketika saya beli cap cay di sana. Tentu saja karena sama-sama orang Maduranya dan masakannya emang enak, saya dan istri jadi langganan di sana. Dulu mah parah banget, tiap hari selalu beli kwetiaw, kadang cap cay, dan nasi goreng Jakarta (orang Surabaya menyebutnya begitu, karena nasi gorengnya tidak seperti yang di Surabaya). Kalau sekarang agak mending, paling istri saya minta dibeliin seminggu sekali. Karena memang sejak pindah ke rumah yang baru, tempat cap cay dengan rumah jaraknya lumayan jauh dan sering macet di jalan arah mau ke sana.

Cap Cay Kuah Super untuk Lomba Kreasi Masak So Good

Kembali lagi ke topik lomba So Good, saya bertanya pada istri apa sih yang enak buat kreasi ayam potong So Good. Sempat beberapa hari berpikir dan akhirnya jatuh pada pilihan untuk di buat Cap Cay. Kami pun ke pasar untuk membeli bahan-bahan yang akan kami buat cap cay. Oh ya, untuk ayam potong So Good-nya bisa dibeli di Indomaret atau Alfamart terdekat. Waktu itu kami beli dengan harga 49.000 untuk 1 kg ayam potong So Good isi dada dan paha.

Bahan-bahan Cap Cay Kuah Super

Setelah kami sudah menyiapkan bahan-bahannya, istri saya lah yang mulai memasak. Saya ngapain? Saya menyemangati dan bagian icip-icip. Haha. Oh ya, buat kamu yang juga ingin bikin cap cay, bisa lihat bahan-bahan, bumbu, dan cara masaknya di bawah ini:

Bahan-Bahan Cap Cay Kuah
  1. Wortel 2 buah, iris serong
  2. Sawi putih ukuran sedang, potong sesuai selera
  3. Kembang kol ukuran kecil
  4. Caisim 1 ikat
  5. Bakso 10 buah, potong jadi empat
  6. Sosis 3 buah, iris serong
  7. Ayam Potong So Good Dada & Paha 8 potong

Bumbu Cap Cay Kuah
  1. Bawang bombay ukuran kecil 1 buah, iris memanjang
  2. Bawang putih 1 siung, cincang halus
  3. Kecap asin secukupnya
  4. Minyak wijen 1 1/2 sendok teh
  5. Saus tiram 1 sachet
  6. Telur 1 butir
  7. Tepung maizena 1 sendok makan, larutkan dengan dua sendok makan air
  8. Saos cabai 5 sendok makan
  9. Saos tomat 1 sendok makan

Cara Membuah Cap Cay Kuah
  • Rebus Ayam Potong So Good selama lima belas menit. Kemudian tiriskan dan suwir-suwir. Biarkan air rebusan ayam karena nanti digunakan untuk kuah cap cay-nya.
  • Panaskan wajan, masukan minyak goreng secukupnya, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukan suwiran ayam, tumis hingga beberapa saat, masukan sedikit air rebusan ayam.
  • Masukan potongan wortel tambahkan sisa rebusan ayam, masukan saos tiram, saos cabai, saos tomat, minyak wijen dan kecap asin. Masak hingga wortel setengah matang, masukan kembang kol, bakso dan sosis, masak hingga kembang kol setengah matang, masukan sawi putih dan caisim.
  • Cicipi rasanya, jika sudah pas, kocok telur pada wadah lain, lalu masukan telur sambil terus diaduk hingga rata. Lalu masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, aduk hingga rata.
  • Sajikan selagi hangat.

Dan setelah beberapa jam di dapur, akhirnya Cap Cay Kuah Super sudah siap disantap. Mengapa saya menamakan cap cay kuah super? Tentu saja ada sebabnya. Di setiap sendokan, selalu ada suwiran ayam ikut. Belum lagi, potongan bakso dan sosisnya juga ikut membuat cap cay ini dikatakan cap cay kuah super. Jika dibandingkan antara lauk dan sayurnya, malah lebih banyak lauknya. Sangat berbeda ketika beli, kebanyakan isi sayur. Berikut ini adalah tampilan cap cay kuah super yang telah dibuat.

Cap Cay Kuah Super

Bagaimana? Apakah kamu juga ingin ikutan bikin cap cay juga? Atau cuma ingin icip-icip doang? Hehe. Oh ya, kamu juga bisa sekalian ikutan lomba kreasi masak ala So Good loh. Mumpung masih ada kesempatan.

Lomba Kreasi Masak ala So Good

Periode lomba kreasi masak ala So Good ini periodenya mulai 8 Juni hingga 23 Juli 2017. Jadi masih ada waktu buat ikutan. Hadiahnya apa? Kalo kamu tahu hadiahnya, pasti kamu ingin ikutan juga.

Hadiah Lomba

Penasaran 'kan dengan lomba kreasi masak ini? Kamu bisa mencari info lengkapnya dengan mengunjungi https://bloggerperempuan.co.id/sogood/. Ayo ikutan juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar