Persona Intikalia

5 Nov 2018

Bosan ke Jogja Mulu? Liburan ke Purworejo aja! Ini 4 Destinasi Andalannya!

Purworejo adalah sebuah kabupaten di bagian selatan provinsi Jawa Tengah di Indonesia. Kalau dari Jakarta, kamu bisa ke Purworejo dengan tiket kereta Jakarta Jogja, keretanya yang kamu naikin, ya, bukan tiketnya yang dinaikin... hiiyak, hiiyak, hiiyak.... Oke, terlepas dari lawakan super garing tadi, Purworejo punya berbagai destinasi alam maupun sejarah yang keren. Berikut daftarnya!

Gunung Kunir

Wisata Alam Sidandang

Wisata alam yang seger banget! Kamu bisa main air sepuasnya di sini. Mau mengadakan acara outbond untuk sekolah ataupun kantor? Bisa! Tiket masuknya hanya Rp3000 aja, murah banget, kan? Orang Jakarta pasti kaget, nih, kalau tau harga tiketnya yang gak sampai goceng. Kalau kamu gak bisa berenang, gak usah khawatir, di Wisata Alam Sidandang disediakan penyewaan pelampung, kok. Wisata alam ini beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 17.00 dan buka setiap hari! Tertarik untuk main air di sini? Beli tiket kereta Jakarta Jogja, turun di Purworejo dan langsung meluincur ke desa Kaligono, kecamatan Kaligesing, sekitar 20 menit dari kota Purworejo.

Museum Tosan Aji Purworejo

Nama “Tosan Aji” menurut masyarakat sekitar adalah senjata yang terbuat dari logam besi yang dihormati masyarakat pada zamannya. Museum ini mempunyai koleksi sekitar lebih dari 1.000 benda pusaka seperti keris, tombak, pedang, kujang, cundrik, granggang, sampai gamelan pun ada di sini. Semua peninggalan yang tersimpan di Museum Tosan Aji Purwokerto mempunyai nilai sejarah yang luar biasa. Terdapat koleksi pedang Majapahit yang dibuat pada tahun 1538 dan 1817! Wah... pencinta sejarah harus banget ke sini.

Gua Seplawan

Seperti gua-gua pada umumnya, Gua Seplawan dihiasi oleh stalaktit, stalakmit, flos stone, soda straw, gouwer, dan ornamen-ornamen dinding gua lainnya. Yang membedakan adalah, dulu pada tahun 1979, ditemukan arca emas 22 karat dengan tinggi 9 cm dan berat 2,5 kg yang dipercaya sebagai peninggalan Hindu Siwa. Sekarang penemuan bersejarah itu disimpan di Museum Nasional Jakarta. Gua ini punya fasilitas lengkap, lho. Ada kamar kecil, lam[pu penerangan, taman, dan bahkan area perkemahan. Buka mulai ppukul 08.00 hingga 16.00 dengan tiket masuk Rp4.000 (weekend) dan Rp3.000 (weekday).

Gunung Kunir

Anak gunung mana suaranya??? Udah pernah mendaki gunung yang satu ini belum? Gunung Kunir terletak di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Purworejo. Kalau kamu mendaki dan berada di puncak Gunung Kunir, kamu bisa melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Indah banget! Mau yang lebih indah? Ke sini pas sunrise, dijamin terkesima dengan pemandnagannya! Desa Benowo dikenal sebagai penghasil cengkeh terbesar di Purworejo. Lumayan, bawa pulang oleh-oleh buat ibu masak di rumah..

Tuh, Purworejo gak kalah hits dari Jogja! Bagi warga Jakarta sangat disarankan untuk beli tiket kereta Jakarta Jogja dan turun di Purworejo. Mau liburan yang anti mainstream? #gampang! Explore Purworejo, yuk!

2 komentar:

  1. Wah pas banget mau main ke luar Jogja. Kalau tempat yg seru di Surabaya apa aja nih?

    Btw informasi soal penginapan di Purworejo sepertinya jg perlu disertakan, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surabaya? emm... aku juga bingung
      paling2 di North Quay (aku juga belum ke sana), Kenjeran? um, bisa juga
      sorry, aku beneran jarang jalan2 kalo di Surabaya :D

      Hapus