Persona Intikalia

1 Mar 2019

harapanrakyat.com Portal Berita Terpopuler di Priangan Timur Jabar

harapanrakyat.com atau akrab disebut Harapan Rakyat Online (sering juga disebut HR Online) mungkin salah satu media online lokal pertama yang berani mengkhususkan diri pada berita-berita lokal seputar Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran Jawa Barat.


Dilihat dari kontennya yang kurang global tersebut, tentu Google tidak akan begitu menyukainya. Tapi, dengan keberanian perusahaan media ini, akhirnya berhasil membuat segmen pembaca lokal. Usaha untuk membentuk segmen pembaca tentunya tidaklah mudah. Perlu waktu dan perjuangan yang tentunya tidak instans.

Direktur Utama PT Harapan Rakyat Online, Subagja Hamara, mengatakan, setiap hari tak kurang dari 60.000 visitor mengunjungi website yang diluncurkan sejak 10 November 2013 ini. Sayangnya, dia enggan membocorkan trik hingga bisa menyedot pengunjung sebanyak itu. Dengan visitor sebanyak itu, harapanrakyat.com pantas untuk ditasbihkan sebagai portal berita terpopuler di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat.

Sedikit review media yang sudah berdiri 15 tahun ini, sebelumnya Harapan Rakyat dikenal sebagai media cetak yang populer disebut Koran HR. Media lokal yang banyak memberitakan seputar wilayah Ciamis, Banjar dan Pangandaran ini tirasnya sudah mengakar di wilayah Priangan Timur Jawa Barat. Alasan tuntutan zaman membuat para petinggi Koran ini berimprovisasi. Sebagaimana kita tahu era media cetak sudah hampir menuju senjakala, walau belum bisa dikatakan punah. Portal berita online menjadi salah satu jalan keluar.

Tepat pada ulang tahun Koran HR yang ke 10 atau tanggal 11 November 2013, harapanrakyat.com atau Harapan Rakyat Online pun diluncurkan. Sebelumnya, redaksi hanya memposting berita-berita yang sudah tayang di Koran HR. Hingga kemudian pada tahun 2013 mereka memberanikan diri untuk terus update berita setiap hari, tentu masih seputar Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran.

Jika Anda mengetik ‘Berita Ciamis’ pada mesin pencarian, Harapan Rakyat Online ada di posisi kedua setelah detikcom. Sebelum media daring nasional tersebut gencar memberitakan Ciamis, HR Online pernah berada di puncak pencarian Google dengan kata kunci ‘Berita Ciamis’. Namun, untuk kata kunci Berita Kota Banjar dan Berita Pangandaran, HR Online masih berada di puncak pencarian google.

Ada beberapa kanal berita di media yang beralamat di Jalan Kapten Jamhur No.2 Kota Banjar ini, diantaranya: Berita Ciamis, Berita Pangandaran, dan Berita Banjar. Untuk menjaring visitor dari luar ketiga kota tersebut, HR Online menyediakan kanal khusus bertajuk Berita Teknologi dan Berita Gaya Hidup.

Liputan khusus paling populer HR Online yang juga tayang di Koran HR adalah liputan tentang dunia malam di Kota Banjar. Liputan mendalam yang dipoles dengan judul bombastis dan ‘click bait’ menjadikan berita tersebut masih jadi berita paling banyak dibaca oleh para pengunjung HR Online.

Jika ditelisik tidak semua judul HR Online bernada ‘click bait’, namun dengan judul ‘biasa’ pun postingan HR Online selalu banyak dibaca dan dibagikan di media sosial. Redaksi tahu betul kebutuhan masyarakat Ciamis, Banjar dan Pangandaran akan berita-berita sehari-hari yang dekat dengan mereka. Hal tersebut kemudian ‘dijual’ redaksi dengan apik.

Dengan proses editing dari para redaktur, informasi yang disajikan HR Online begitu enak dibaca. Bukan saja ‘enak’ untuk dibagikan di media sosial karena judulnya, isinya pun layak untuk dibaca. Biasanya banyak dari media lokal bukan hanya di Jawa Barat, tetapi media lokal umumnya yang ada di Indonesia kurang memperhatikan proses editing.

Ada kalanya tata bahasa sesederhana imbuhan di- sebagai kata kerja kurang diperhatikan. Banyak yang memposting berita dan menggantungkan diri hanya pada judul. Judul bombastis berharap jutaan visitor. Mereka lupa, penyajian berita yang baik akan memberi kesan pada para pembaca. Mereka akan kembali ketika menemukan media online yang bisa memuaskan keingintahuan mereka yang disajikan dengan bahasa yang mudah untuk dipahami.

Perusahaan media yang didirikan R. Bachtiar Hamara ini hapal betul prinsip yang satu ini, pada dasarnya membangun website apapun selain harus menjadi hamba sahaya google, harus pula memuaskan keinginan pembaca. Kombinasi maut itu yang berusaha diterapkan redaksi HR Online.

Harapan Rakyat Online mungkin tidak selalu yang pertama dalam memberitakan seputar Ciamis, Pangandaran, maupun Kota Banjar, tetapi sudah pasti banyak dibaca. Prinsip-prinsip para blogger untuk menaikkan rank di Google diterapkan pada setiap postingan berita HR Online, hal tersebut membuatnya mudah dicari oleh para peselancar dunia maya.

Jadi jangan heran bagi Anda warga net yang kerap memantau berita-berita seputar Ciamis, Banjar dan Pangandaran, informasi yang disajikan di media online yang satu ini begitu detail dan panjang. Anda bisa bandingkan dengan media online sejenis.

Hal tersebut bukannya tanpa tujuan. Informasi yang detail dan panjang membuatnya disukai google, tetapi juga tetap disukai pembaca karena gaya bahasanya yang enak untuk dibaca. Selain itu, Anda pun bisa memuaskan dahaga Anda akan informasi seputar Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar