Persona Intikalia

22 Mei 2019

Tips Membedakan Part dan Aksesoris Yamaha Asli atau Palsu

Untuk mendukung kenyamanan selama berkendara, maka kendaraan biasanya membutuhkan aksesoris atau sparepart berkualitas, termasuk juga motor Yamaha. Penggantian sparepart secara berkala ini penting dilakukan agar kemampuan dan kinerja motor menjadi lebih maksimal. Untuk mengenali berbagai macam sparepart Yamaha ini, Anda bisa mengunjungi http://www.yamaha-motor.co.id/part-accessories.


Namun karena permintaan suku cadang atau sparepart yang tinggi, jumlah sparepart KW yang beredar di pasaran semakin luas. Tentunya dibanderol dengan harga yang lebih murah. Bahayanya, jika motor menggunakan sparepart palsu, hal tersebut akan semakin memperparah kondisi motor. Agar hal tersebut tidak terjadi pada anda, berikut akan dijelaskan mengenai tips dalam membedakan sparepart asli dan juga palsu.

1. Adanya Stiker Barcode

Sparepart asli biasanya akan menghadirkan stiker barcode yang berkualitas baik dan juga tidak rusak. Selain itu pada sparepart asli proses scan barcode biasanya akan menunjukkan keterangan yang sesuai dengan produk suku cadang yang diinginkan.

Selain itu beberapa suku cadang biasanya menghadirkan kode fisik barcode berbentuk dua dimensi yang tidak dicetak pada kemasan. Oleh karena itu, sebelum membeli sparepart motor, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan barcode terlebih dahulu.

2. Adanya Label Hologram

Keaslian sparepart juga biasanya ditentukan dari ada tidaknya hologram pada kemasan. Hologram biasa diberikan khusus oleh pihak perusahan dan tidak bisa ditiru oleh pihak lain. Fungsi dari hologram ini sendiri adalah untuk memberikan tanda bukti keaslian bahwa sparepart tersebut adalah sparepart asli yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan.

Biasanya stiker hologram yang ditampilkan pada produk asli akan tercetak dengan jelas dan tidak bisa dilepas dari kemasan. Dengan adanya stiker hologram ini maka Anda tidak akan kesulitan dalam membedakan sparepart asli dan juga palsu. Jika belum dapat membedakannya, Anda bisa mengunjungi http://www.yamaha-motor.co.id/part-accessories untuk mengetahui jenis-jenis part aksesoris motor Yamaha asli.

3. Beli di Toko Terpercaya

Jika masih merasa kesulitan dalam membedakan sparepart asli dan palsu, solusi lain yang bisa dilakukan yaitu hanya membeli sparepart di toko terpercaya atau toko resmi dari brand motor yang bersangkutan. Jika Anda ingin membeli sparepart motor Yamaha, maka belilah sparepart langsung ke toko resmi Yamaha.

Jika lokasinya dirasa teralu jauh, maka Anda bisa mencari di internet untuk mencari informasi toko-toko mana saja yang telah menjalin kerjasama dengan pihak motor. Dengan begitu Anda tidak akan salah mengunjungi toko untuk membeli sparepart yang diinginkan.

4. Cek Kondisi Fisik dan Kemasan Sparepart

Memperhatikan kondisi fisik sparepart juga perlu dilakukan untuk menghindari barang KW. Jika terbungkus oleh karton, Anda dapat meminta kepada pihak penjual untuk memperlihatkan barang terlebih dahulu sebelum membelinya. Dengan memperhatikan kondisi fisik barang yang dibeli, maka Anda dapat menemukan apakah ada perbedaan pada sparepart tersebut . Selain itu, Anda juga harus selalu memperhatikan kondisi fisik dari sparepart yang akan dibeli. Apakah masih dalam kondisi tersegel dengan baik ataukah kemasannya sudah terbuka.

Untuk menjamin keaslian sparepart yang akan dibeli, pilihlah produk yang kemasannya masih tersegel dengan baik, tidak sobek, dan juga belum terbuka. Dengan begitu, kemungkinan sparepart tersebut adalah produk asli akan semakin tinggi.

Demikianlah beberapa tips dalam membedakan sparepart motor asli dan palsu. Membeli sparepart motor memang tidak bisa sembarangan. Anda tidak bisa langsung membeli dan membawa pulang sparepart yang diinginkan. Dengan melakukan pengecekan yang teliti sebelum membeli, maka kemungkinan untuk mendapatkan produk KW akan semakin rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar