Persona Intikalia

13 Agu 2019

Layanan Rehabilitasi Kecanduan Game Online Ponpes Nurul Firdaus

Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Firdaus membuka layanan rehabilitasi kecanduan game online bagi para remaja atau anak hingga dewasa muda. Ponpes ini melayani para santri yang tidak hanya berasal dari Indonesia, namun juga ada beberapa dari negara lainnya. Mereka yang kecanduan game online ini memang sebaiknya didorong untuk melakukan rehabilitasi agar terlepas dari keterikatan kecanduan bermain game yang seringkali membawa dampak negative dalam kehidupan sehari-hari.


Layanan Rehabilitasi Kecanduan Game Online Sudah Ada Pertama Kali di Cina

Seperti dilansir situs resmi Ponpes Nurul Firdaus gumilar.net, sebenarnya terapi penyembuhan dari kecanduan game online sendiri sudah ada pertama kalinya dilakukan oleh pemerintah Cina. Berawal dari sana, maka mulai muncullah tempat-tempat rehabilitasi game online di beberapa negara besar dan berkembang.

Terbukti dengan adanya banyak berbagai jurnal kedokteran yang sering didiskusikan di negara Asia maupun Amerika mengenai kasus kecanduan game online. Seseorang yang memiliki kecanduan game online cenderung memiliki perubahan perilaku yang kurang wajar, bahkan bisa dikatakan hampir sama dengan seseorang yang mempunyai kecanduan zat tertentu ataupun kecanduan judi.
Diantaranya seperti intensitas bermain game online yang semakin meningkat dan akan gelisah saat tidak bermain game online ataupun marah ketika dilarang bermain game.

Hal ini jelas tergolong kecanduan apalagi jika terjadi secara berulang dan sampai tidak bisa berhenti sama sekali. Tentunya hal tersebut otomatis akan berdampak pada kehidupan sehari-hari dimana mereka akan berjam-jam duduk di depan komputer hingga melupakan atau melalaikan tugas lain seperti belajar, bekerja hingga lupa makan, mandi serta tidak mau tidur. Bahkan kecanduan dapat membuat kehidupan sosial menjadi terganggu.

Tidak mengherankan jika banyak pecandu game online bisa mengalami putus sekolah, hilang pekerjaan sampai mengalami kegagalan dalam hubungan rumah tangga. Dibutuhkan usaha untuk menghilangkan kecanduan bermain game online ini dan salah satunya melalui berbagai macam layanan rehabilitasi kecanduan game online di Ponpes Nurul Firdaus yang berlokasi di Ciamis, Kabupaten Jawa Barat.

Tentang Ponpes Nurul Firdaus sebagai Tempat Rehabilitasi

Pondok Pesantren Nurul Firdaus diambil dari bahasa Arab yang berarti ‘Cahaya Surga Firdaus’ dan diharapkan dengan menggunakan nama tersebut, maka tempat rehabilitasi game online bisa mampu melakukan penanganan dengan pelayanan rehabilitasi mental remaja yang baik. Selain itu juga berbarengan dengan mengamalkan Al-Qur’an, Al-Hadist serta Al-Sunnah.

Ponpes Nurul Firdaus sendiri sudah melayani kecanduan narkotika hingga remaja yang mengalami gangguan kejiwaan serta remaja nakal. Kini Ponpes Nurul Firdaus turut melayani kecanduan game online yang banyak dialami oleh remaja, anak hingga dewasa muda.

Ada beberapa metode yang dipakai untuk membantu seseorang lepas dari kecanduan game online. Ada 3 jenis metode yang dipakai diantaranya yaitu:
• Cognitive Behavior Therapy (CBT)
• Terapi perilaku
• Motivational Interview (MI)

Selain metode di atas, macam-macam metode lainnya yang digunakan oleh Ponpes Nurul Firdaus tetap merujuk pada Al-Qur’an, Hadits serta Ijtihad para ulama. Beberapa metode tersebut antara lain seperti:

• Mandi

Seseorang yang mempunyai masalah kecanduan sering memiliki kelemahan kesadaran sehingga untuk menenangkan mental dan pikirannya dapat memakai metode mandi serta wudhu. Mandi serta wudhu ini diharapkan dapat mensucikan jiwa dan tubuh karena terdapat makna simbolik dari wudhu ini yaitu mencuci dan menyucikan muka dan tubuh yang mengekspresikan jiwa. Selain itu, juga punya makna menyucikan perbuatan dan menyucikan otak sehingga menyucikan perbuatan dan langkah dalam hidup.

• Sholat

Setelah menggunakan metode Mandi dan Wudhu, para santri yang kecanduan bermain game online pun akan dituntun dan diajak untuk melakukan sholat sunnah dan fardhu. Tidak hanya sholat, namun para santri akan dipandu dengan kurikulum ibadah dari Dr. Gumilar, S.Pd., MM. sebagai Pengasuh Pondok Pesantren rehabilitasi game online Nurul Firdaus.

• Ruqyah Syar’iyyah

Ruqyah/ rukyah adalah metode penyembuhan dengan membacakan sesuatu pada orang sakit. Ruqyah sendiri menjadi sebuah perlindungan yang dipakai untuk melindungi orang yang kena penyakit yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Diharapkan dengan memakai metode ini pun kecanduan game online dapat dicegah atau diobati.

• Terapi hipnotis spiritual/ Spiritual Hypnotization Therapy

Teknik hipnotis ini menjadi salah satu alternatif metode untuk memberikan mindset seseorang agar mereka dapat meraih kebahagiaan dan kesuksesan baik di dunia maupun akhirat. Dengan teknik ini maka diharapkan diri sendiri bisa menjadi motivator dalam mengendalikan hawa nafsu diri.

Kasus kecanduan game online sendiri sangat rentan dan kebanyakan dialami oleh usia remaja apalagi laki-laki. Dan kebanyakan mereka yang kencanduan game online rata-rata ada di daerah perkotaan yang sudah terhubung dengan koneksi internet, namun tidak jarang juga dari pedesaan yang sudah memiliki koneksi internet.

Tiap santri yang dibina dalam Ponpes Nurul Firdaus akan menjalani layanan rehabilitasi kecanduan game online selama sehari penuh. Tidak hanya metode-metode di atas dilakukan, di ponpes ini juga ada kegiatan ibadah, ceramah, olahraga dan kegiatan positif lainnya. Diharapkan dari kegiatan ini semua, para santri dapat lepas dari kecanduan bermain game online dan dapat kembali memiliki kehidupan yang normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar