Persona Intikalia

3 Okt 2019

Cara Cepat dan Aman Menghadapi Kondisi Gusi Berdarah

Tidak semua orang memberikan perhatian yang cukup terhadap kesehatan gusi dan gigi. Meskipun keduanya memiliki peran penting seperti bagian-bagian mulut lainnya. Gusi berdarah terkadang tidak dianggap serius karena bisa sembuh seiring berjalannya waktu. Tetapi, anda tetap perlu langkah-langkah pencegahan dan pengobatan terbaik.


Penyebab, jenis, dan cara efektif mengatasi gusi berdarah

Gusi merupakan bagian yang berfungsi sebagai penyangga gigi di dalam mulut. Selain itu, gusi juga memberikan perlindungan kepada jaringan dan gigi dari faktor perusak dari luar seperti kuman dan bakteri agar tidak menyusup ke sela-sela gigi.

Ketika anda ataupun salah satu anggota keluarga mengalami gusi berdarah saat sedang menyikat gigi, sebaiknya segera mengambil tindakan yang tepat. Meskipun termasuk dalam penyakit ringan, tetapi jika dibiarkan gusi bisa mengalami rasa sakit dan masalah serius lainnya.

Masalah-masalah yang sering dialami oleh gusi yaitu bengkak, berdarah, menyusut, bau napas tidak enak, dan gigi tanggal. Apabila mengalaminya, anda bisa berobat ke dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik. Berikut ini beberapa langkah pengobatan sederhana yang bisa anda lakukan.

1. Berkumur dengan air larutan garam

Ketika mendapati salah satu titik gusi anda mengeluarkan darah, berkumur dengan larutan garam merupakan saran umum yang diberikan oleh orang-orang terdekat. Cara ini dipercaya bisa meredakan bagian yang mengalami pembengkakan ataupun infeksi yang menimbulkan gusi berdarah.

2. Air hangat dan lemon

Cara alami lainnya yang bisa anda coba yaitu menggunakan lemon & air hangat. Banyak kasus menunjukkan jika darah pada gusi muncul akibat kurang vitamin C dalam tubuh. konsumsi lemon akan menambah konsentrasi vitamin C sekaligus membunuh bakteri dan kuman yang bersarang di dalam mulut.

3. Minyak kelapa & kunyit

Bahan alami di sekitar anda seperti kunyit dan minyak kelapa juga ampuh untuk meredakan sakit gusi. Cara penggunaannya yaitu mencampurkan bubuk kunyit dan minyak kelapa yang teksturnya seperti krim. Kemudian, oleskan pada area gusi berdarah. Zat kurkumin yang ada dalam kunyit dikatakan bisa mempercepat pemulihan gusi yang bermasalah.

Agar hasil lebih optimal, anda bisa menunggu kurang lebih 15 menit setelah mengoleskan krim kemudian pakai air hangat untuk berkumur.

4. Menggosok gigi dengan benar

Penyakit gusi memang bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yaitu cara gosok gigi yang tidak sempurna atau memakai floss. Biasakan untuk tidak terburu-buru, lakukan secara rutin minimal dua kali dalam satu hari, pakai sikat yang berbulu lembut terutama untuk gusi dan gigi sensitif.

Jika anda sudah berkonsultasi dengan dokter, bisa menggunakan sikat gigi yang sudah direkomendasikan. Waktu yang dianjurkan yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari.

5. Memakai sikat dan pasta gigi yang tepat

Tekstur bulu sikat yang sangat keras sangat rentan untuk memicu gusi berdarah. Anda bisa mencari sikat gigi yang memberikan bulu halus dan efektif untuk membersihkan setiap sela gigi dengan baik. Penggunaan floss setiap hari bisa menjadi pilihan, tetapi dengan pemakaian yang benar.

Letakkan floss tepat diantara gusi & gigi, jangan sampai menggosok gusi sampai berdarah. Terakhir, atur konsumsi makanan yang mengandung zat-zat ramah gusi.

Pengobatan gusi berdarah secara alami bisa anda lakukan dengan penggunaan kunyit, minyak kelapa, lemon, garam, air hangat dan masih banyak lainnya. Jagalah kebersihan mulut, gigi, dan gusi sebagai langkah pencegahan yang efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar