Persona Intikalia

8 Apr 2020

Kumpulan Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami

Setiap hari selalu ada bayi baru yang lahir di dunia ini. Setiap hari pula maka orang-orang akan mencari nama bayi untuk anaknya yang baru lahir. Ini adalah hal yang setiap hari terjadi. Bahkan ketika anak saya yang keempat lahir, ada 10 bayi yang lahir lainnya di rumah sakit tersebut di hari yang sama. Ini baru satu rumah sakit di Surabaya loh, belum rumah sakit lainnya. Kamu bisa bayangkan berapa pertambahan penduduk akibat fenomena ini.


Namun memang sudah menjadi hukum alam, bayi-bayi lahir dibarengi dengan angka mortalitas dari generasi sebelumnya. Apalagi akhir-akhir ini dengan adanya wabah virus Corona, seakan menjadi pertanda bahwa alam ingin mengganti generasi sebelumnya dengan yang baru. Wabah virus Corona menyerang manusia yang berumur 40 tahunan hingga menyebabkan kematian dan tidak menyebabkan kematian pada anak kecil. Semoga kita dijaga dan diberi perlindungan oleh Alloh dari virus Corona yang mewabah saat ini.

Kembali pada pembahasan utama, sesuai judul yang saya pilih, di tulisan ini saya akan berbagi beberapa kumpulan inspirasi nama bayi perempuan Islami. Mengapa saya mengambil topik nama bayi perempuan Islami? Tentu saja karena jumlah angka kelahiran bayi perempuan ini lebih besar dibandingkan dengan bayi laki-laki. Akan lebih banyak yang membutuhkan nama bayi perempuan dibandingkan nama laki-laki.

Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami

Berikut ini adalah beberapa nama bayi perempuan Islami populer dan tidak populer namun memiliki arti dan penyandaran nama yang baik.

Aisyah

Nama bayi perempuan Islami pertama yang paling menarik perhatian adalah Aisyah. Nama anak pertamaku juga Aisyah. Bahkan ketika Aisyah sekolah, selalu bertemu dengan anak lain yang bernama Aisyah di tiap generasi. Ketika Aisyah TK A, di TK B ada yang namanya Aisyah. Ketika Aisyah naik ke TK B, anak baru di TK A juga ada yang punya nama Aisyah. Bahkan salah satu anak guru di sana yang masih kecil, juga bernama Aisyah.

Nama Aisyah ini memang sangat populer di kalangan kaum muslimin. Betapa tidak, Aisyah adalah salah satu nama istri Nabi kita Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam yang terkenal memiliki kecerdasan yang tinggi dan meriwayatkan banyak hadits. Nabi sendiri pun juga pernah memuji Aisyah di dalam sebuah hadits-nya. Perempuan yang paling dicintainya setelah Khadijah meninggal adalah anak dari laki-laki yang paling dicintainya—yang dimaksud adalah Aisyah, karena Aisyah adalah anak dari Abu Bakr ash-shiddiq.

Fatimah

Nama bayi perempuan selanjutnya adalah Fatimah. Fatimah adalah salah satu nama anak perempuan Nabi kita Muhammad yang menikah dengan sahabat Ali bin Abi Tholib. Fatimah juga termasuk anak Nabi yang meninggal setelah Nabi, karena semua anak Nabi kecuali Fatimah meninggal sebelum Nabi wafat.

Nama Fatimah ini juga cukup populer di masyarakat Indonesia. Kamu bisa memadukan nama Fatimah ini dengan nama lainnya untuk diberikan sebagai nama bayi perempuanmu. Misal nama berikut ini: Fatimah Adz-dzakiyatush Sholihah, yang memiliki arti Fatimah yang cerdas dan sholihah.

Selain dua nama di atas, kamu bisa memilih nama bayi perempuan Islami modern yang tidak populer. Ada beberapa alasan orang memilih nama tidak populer, salah satunya adalah biar berasa unik dan hanya anaknya saja yang memiliki nama tersebut.

Syamilah

Syamilah merupakan nama bayi Arab yang tidak seberapa populer di Indonesia. Syamilah sendiri memiliki arti teliti. Nama Syamilah ini bisa juga kamu ubah bentuknya ke penulisan modern dan kebarat-baratan menjadi "Shameela". Karena transliterasi huruf Syin di Inggris diwakili oleh "SH".

Hayyinah

Kata "hayyin" ini bisa kamu temukan di dalam Surat Maryam dan salah satu hadits Rosululloh yang berbicara tentang orang yang diharamkan masuk Neraka. Hayyin ini memiliki arti mudah di Surat Maryam sedangkan di dalam hadits tersebut memiliki arti yang teduh, yang tenang, tidak mudah memaki.

Kamu bisa memilih nama Hayyinah untuk anak perempuanmu karena memiliki arti yang bagus. Nama Hayyinah ini setidaknya menjadikan anak tersebut termotivasi menjadi jiwa yang memudahkan urusan orang lain, teduh dan tenang dalam bertindak, serta tidak sembrono.

Website Cek Arti Nama

Itulah 4 nama inspirasi nama bayi perempuan Islami yang bisa kamu pilih. Selain 4 nama tersebut, kamu bisa menemukan nama bayi perempuan Islami lainnya melalui website cekartinama.com. Di sana kamu bisa menemukan banyak nama karena database namanya sudah puluhan ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar