Persona Intikalia

8 Mei 2020

Sedang Memilih Shampo untuk Rambut Kering? Simak Tips Berikut

Tips memilih shampo untuk rambut kering - Kondisi rambut yang kering memang menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan. Rambut yang kering membuatnya terlihat menjadi kusam bahkan susah diatur. Pada dasarnya, rambut yang kering disebabkan karena tidak cukupnya kelembapan di kulit kepala. Hal tersebut membuatnya menjadi terlihat keriting dan kusam.


Bila rambut sehat, minyak alami yang berada di lapisan luar akan membantu untuk melindungi lapisan dalam. Tetapi, saat rambut mengering, lapisan luar rambut akan rusak dan warnanya menjadi terlihat kusam bahkan kurang sehat. oleh sebab itu kelembaban rambut menjadi elemen penting yang bisa membuat rambut menjadi terlihat berkilau dan sehat.

Sebenarnya, masalah ini dapat diatasi dengan cara memilih shampo yang khusus untuk rambut kering. Sekarang ini tidak sedikit pilihan shampo untuk rambut kering. Semua pasti mengklaim jika produknya merupakan produk yang terbaik.

Apalagi, masih ditambah lagi dengan iklan-iklan yang ada di media televisi dan internet. Pasti memilih shampo untuk rambut kering memiliki tingkat kesulitan tersendiri bukan? Berikut beberapa tips untuk memilih shampo rambut kering.

Lihat Kandungan Minyak Pada Shampo

Bila semakin tinggi kandungan minyak yang berada dalam shampo, hal ini berpeluang membuat rambut menjadi terlihat berkilau. Tentu saja hal ini bisa membantu pemilik rambut kering. Alpukat dan minyak zaitun sejak dulu terpecaya sebagai formula untuk membuat rambut menjadi terlihat berkilau dan lembut.

Tak hanya itu, kandungan minyak yang berada di dalam shampo bisa menembus lapisan rambut serta mengurangi jumlah air yang diserap. Tentu saja hal ini akan menurunkan risiko rambut terlihat mengembang, karena kelembabannya tetap terjaga dengan baik. Sehingga pilih shampo yang memang ditujukan untuk rambut yang kering.

Memiliki pH yang Rendah

pH yang rendah di shampo sangat baik dipergunakan bagi Anda pemilik rambut kering. pH yang terlalu tinggi malah meningkatkan muatan listrik negatif yang berada di permukaan rambut, sehingga gesekan serat rambut menjadi semakin banyak. hal ini bisa menyebabkan kerusakan kutikula serta serat yang bisa membuat rambut terlihat kusut. Oleh karena itu, usahakan memilih shampo dengan pH rendah. Shampo yang memiliki pH rendah juga bisa menjaga kelembaban rambut sehingga rambut tak terlihat kusam dan kering.

Tidak Memiliki Kandungan Alkohol Tertentu

Ada beberapa jenis alkohol yang memiliki muatan listrik sehingga membuat rambut terlihat kusut. Beberapa jenis alkohol yang cocok untuk rambut kering seperti stearly, cetyl dan cetearly.

Sesudah mengetahui mana saja shampo rambut kering yang cocok, hal lain yang harus dilakukan ialah tetap merawat keindahannya. Sebenarnya, perawatan untuk rambut yang kering tidak begitu sulit seperti tidak mencuci rambut setiap hari karena hal ini menambah tingkat kekeringan pada rambut, selain itu usahakan menggunakan kondisioner sesudah menggunakan shampo. Akan lebih baik lagi bila kondisioner yang Anda gunakan juga memiliki kandungan tertentu sehingga bisa menjaga kelembaban rambut.

Agar rambut tak begitu kering, hindari menggunakan pengeriting, pelurus dan pengering rambut terlalu sering. Bahkan Anda tidak perlu mengeringkan rambut setiap hari sesudah keramas, gunakan pengering rambut ketika sedang terburu-buru untuk pergi atau yang lainnya. Untuk menjaga rambut tetap lembab, pilih produk yang bisa menjaga kelembabannya, dan gunakan tutup kepala ketika keluar rumah dan cuaca sedang panas.

Pemilihan shampo untuk rambut kering juga harus hati-hati, pastikan selalu memperhatikan bahan-bahan di atas, atau pilih shampo yang spesialisasinya untuk rambut kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar