Persona Intikalia

15 Sep 2020

5 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Di masa pandemi seperti ini banyak sekali pengurangan tenaga kerja dan pengurangan gaji. Hal ini sangat wajar karena semua pihak terkena dampaknya. Mau yang pegawai ataupun sang pemilik perusahaan juga menghadapi pilihan dan kondisi yang sulit.

Tak jarang kamu lihat orang-orang di sekitarmu tiba-tiba banting setir menjadi penjual makanan atau memasarkan produk orang lain. Ini adalah hal yang wajar. Semua ingin bertahan hidup dengan cara yang menurutnya bisa dilakukan.

Beberapa waktu yang lalu juga saya mendapatkan kabar bahwa situs freelancer mendadak kebanjiran pengguna. Yang awalnya pekerjaan sebagai freelancer dipandang sebelah mata, maka saat pandemi seakan menjadi penolong.

Setidaknya ada beberapa pekerjaan yang bisa menghasilkan uang di internet yang bisa kamu lakukan. Tidak harus mengalami pandemi dulu baru kamu coba, hal ini sebenarnya bisa kamu coba jauh hari dari sekarang. Namun, jika kamu baru tahunya sekarang, ya tidak ada salahnya untuk mencoba.

Jadi YouTuber

Yang paling terasa saat pandemi ini adalah berbondong-bondongnya orang jadi YouTuber. Ya kamu bisa lihat banyak artis yang tiba-tiba main YouTube. Ya mungkin itu salah satu cara mereka untuk tetap bertahan sembari mereka masih punya fan base.

Efek dari banyaknya orang jadi YouTuber saat pandemi adalah harga kamera dan mikrofon yang mendadak jadi lebih mahal. Kamu bisa membandingkannya harga kamera dan mikrofon sebelum dan saat pandemi seperti saat ini.

Jadi YouTuber memang bisa menjanjikan uang dari internet. Betapa tidak, jika kamu pernah tahu David GadgetIn, seorang Youtuber yang suka mereview smartphone dan gadget terbaru, dia memiliki penghasilan di atas 100 juta per bulannya. Mulai dari Google AdSense maupun sponsored post dari brand-brand besar.

Jadi Influencer dengan Instagram

Jika kamu merasa menjadi YouTuber adalah hal yang terlalu ribet, kamu bisa agak menurunkan standar kesulitan dengan menjadi influencer di Instagram. Ya, platform Instagram saat ini memang sering kali menjadi ajang untuk memasarkan produk.

Saya sendiri ketika awal-awal main Instagram pernah menjadi influencer untuk brand susu. Waktu itu sih persyaratannya masih mudah, hanya minimal 300 follower saja. Dan 300 follower itu terhitung sangat sedikit jika dibandingkan teman sekolah dan kuliah saya waktu itu.

Namun, saat ini untuk persyaratan menjadi influencer Instagram minimal 2.000 follower. Tentu saja ini tidak mudah. Apalagi bagi saya yang kurang aktif di Instagram. Untuk punya 2.000 follower setidaknya kamu harus menyediakan konten menarik dan update setiap hari.

Jadi Blogger

Jadi YouTuber susah. Jadi influencer di Instagram kurang berbakat. Hmm, tapi kamu masih bisa menjadi blogger loh. Menjadi blogger relatif mudah dan tidak harus menunjukkan wajah. Ya, menjadi blogger ini memang cocok buat kamu yang malas wajahmu diketahui banyak orang.

Kebanyakan blogger lebih menonjolkan tulisannya. Pengunjung blog juga jarang sekali peduli wajah kamu seperti apa. Asal tulisan kamu enak dibaca, mereka akan rajin mampir baca-baca tulisan di blogmu.

Saya sendiri juga memilih menjadi blogger karena privasi saya menjadi lebih terjaga. Saya tidak harus update kehidupan saya di blog. Saya cukup menulis sesuatu yang bermanfaat di blog dan orang lain bisa membacanya dan menemukan solusi dari permasalahannya.

Selain itu, membuat blog sendiri juga tergolong mudah. Banyak sekali tutorial cara membuat blog di internet. Atau mungkin kamu tidak perlu membaca tutorialnya, cukup langsung praktik dan mengulik-ulik sendiri. Seperti halnya kamu daftar blog di platform Blogger, kamu tinggal ikuti arahannya saja. 

Berbeda lagi dengan blog WordPress self-hosted, kamu harus membaca tutorialnya dengan seksama. Karena banyak konfigurasi yang perlu diperhatikan.

Oh ya, untuk menghasilkan uang dari blog ini bisa dari Google AdSense, sponsored post, atau memasang banner iklan. Kunci dari menghasilkan uang dari blog adalah trafik. Semakin banyak orang yang mengunjungi blogmu, maka semakin besar kemungkinan kamu bisa memonetasi blogmu.

Main Affiliate Hosting

Cara lain selain menghasilkan uang dari blog secara langsung, ada cara yang tidak langsung, yaitu main affiliate hosting. Sebenarnya tidak hanya sebatas hosting saja. Kamu bisa juga bermain di affiliate produk lain semisal hotel.

Yang saya tahu ada yang main affiliate hosting ini dan sebulan bisa menghasilkan sekitar 10 juta hingga 20 juta rupiah. Hmm, besar juga yah. Namun, saya sendiri tidak tahu cara main affiliate hosting ini sebisa menguntungkan seperti itu secara detail. Kalau cuma gabung affilitae, tentu itu hal mudah.

Jadi Social Media Manager

Cara lain menghasilkan uang dari internet adalah menjadi social media manager. Pekerjaan ini cukup menjanjikan loh. Saya sendiri pernah tahu rate untuk social media manager adalah 2 juta per bulan. Cara kerjanya tidak update setiap hari. Setahu saya hanya 10 kali dalam sebulan.

Ada juga yang rate-nya adalah 4 juta per bulan. Biasanya yang seperti ini merangkap beberapa media sosial, misal Facebook Fanpage dan Instagram. Untuk menjadi social media manager ini cukup mudah. Kamu cukup update postingan secara berkala. Untuk desain, biasanya seorang social media manager menggunakan Canva Pro, bukan Photoshop. Bagi kamu yang sudah pernah mencoba Canva, pasti tahu dong kemudahannya di mana dibandingkan dengan Photoshop.

Kesimpulan

Menghasilkan uang dari internet sebenarnya mudah sekaligus susah. Mengapa mudah? Karena banyak sekali peluang yang bisa diambil. Susahnya adalah kamu harus mau belajar hal baru. Karena semua yang ada di internet sangat cepat sekali berubah. Kamu harus menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Itulah 5 cara menghasilkan uang dari internet yang bisa kamu coba. Semoga di masa pandemi ini kamu tetap survive dan bisa mendapatkan insight baru mengenai cari menghasilkan passive income.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar