Persona Intikalia

23 Des 2020

Review iPhone 11 Pro: Spesifikasi Lengkap + Harga

Salah satu seri iPhone terbaru yang saat ini sedang banyak digunakan yaitu iPhone 11 Pro. Seri iPhone yang dirilis pada tahun 2019 ini menjadi salah satu seri iPhone yang paling laris di pasaran setelah pertama kali dirilis. Apple sendiri memberikan cukup banyak tambahan fitur menarik pada seri ini.

Perubahan yang paling menonjol pada seri iPhone 11 Pro dibandingkan seri sebelumnya adalah adanya 3 buah lensa kamera yang terdapat di bagian belakang. 3 lensa kamera belakang ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang ingin memiliki iPhone seri ini.

Harga iPhone 11 Pro


Memori | Harga

64 GB  | Rp14.600.000

256 GB | Rp14.850.000

512 GB | Rp21.900.000


iPhone 11 Pro hadir dengan 3 varian memori internal, yaitu 64/256/512 GB dengan kapasitas RAM sebesar 4 GB di setiap varian memori internalnya. Karena memiliki varian memori internal yang cukup besar, pada iPhone 11 Pro tidak menyediakan space tambahan untuk memori eksternal.

Spesifikasi iPhone 11 Pro

Chip

Sudah menggunakan chipset Apple A13 Bionic (7 nm+).

Bodi

Ukuran dimensi dari bodi iPhone 11 Pro yaitu 144 x 71.4 x 8.1 mm.

Total berat pada bodi yaitu 188 gram.

Layar

Sudah menggunakan layar berjenis touchscreen kapasitif super retina XDR OLED.

Ukuran dari layar yaitu 5.8 inci yang sudah dilengkapi dengan proteksi scratch-resistant glass dan oleophobic coating.

Resolusi dari layar iPhone 11 Pro yaitu 1125 x 2436 pixel dengan rasio 19.5 : 9.

Kamera

Kamera belakang memiliki 3 buah lensa yang masing-masing beresolusi 12 MP.

Ketiga kamera belakang tersebut memiliki fungsi masing-masing, yaitu untuk kamera lebar, telefoto, dan ultra lebar.

Kamera belakang sudah memiliki fitur Quad-LED dual-tone flash dan HDR (photo/panorama).

Untuk perekaman video dapat menggunakan resolusi 2160p @24/30/60 fps, 1080p @ 30/60/120/240 fps, HDR yang sudah dilengkapi dengan stereo sound.

Untuk kamera depan berjumlah 2 lensa yang memiliki resolusi 12 MP, f/2.2 + TOF 3D camera.

Konektivitas

Sudah dilengkapi dengan fitur Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, dan personal hotspot.

Menghadirkan fitur bluetooth 5.0, A2DP, LE.

Tidak memiliki fitur infrared, namun sudah support fitur NFC.

Fitur GPS yang digunakan adalah A-GPS, GLONASS, GALILEO, dan QZSS.

Memiliki port USB 2.0 dengan konektor reversibel yang dimiliki oleh Apple.

Baterai

Baterai berjenis Li-Ion non-removable (tidak dapat dilepas).

Kapasitas baterai sebesar 3190 mAh.

Telah support teknologi wireless charging.

Memiliki fitur fast charging 18 W yang dapat mengisi baterai sebanyak 50% dalam 30 menit.

Fitur Lainnya

Sudah dilengkapi dengan sensor Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, dan barometer.

Memiliki 3 variasi warna, yaitu space gray, silver, gold, dan midnight green.

Pada audionya telah didukung oleh teknologi Dolby Atmos dan Dolby Digital Plus.

Telah support penggunaan Apple Pay (Visa, MasterCard, dan AMEX certified).

Memiliki Siri natural language commands and dictation.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11 Pro

Kelebihan

1. Kontras Layar yang Menakjubkan

Walaupun memiliki ukuran layar yang lebih kecil dibandingkan iPhone 11, seri iPhone yang satu ini memiliki resolusi layar yang lebih tinggi. Jika iPhone 11 memiliki resolusi layar sebesar 828 x 1792 pixel, iPhone 11 Pro memiliki resolusi sebesar 1125 x 2436 pixel.

Tentunya dengan resolusi layar yang lebih tinggi, Anda dapat menatap layar HP ini dengan lebih nyaman karena memiliki tingkat kecerahan yang lebih baik. Ditambah lagi iPhone 11 Pro telah menggunakan panel layar Super Retina XDR OLED yang terjamin kualitasnya.

2. Memiliki Chipset Terkencang

Satu lagi kelebihan iPhone 11 Pro yang cukup menonjol yaitu sudah menggunakan chipset A13 Bionic. Dapat dikatakan chipset itu adalah chipset terkencang di kelasnya karena memiliki 6 core prosesor yang terdiri dari 2 core 2,65 GHz dan 4 core Thunder 1.8 GHz.

Ditambah lagi sudah menggunakan Apple GPU dengan 4 inti core graphics yang akan membuat interface lebih mudah digunakan. Pada percobaan menggunakan aplikasi Antutu, chipset A13 Bionic mendapatkan nilai 460 ribuan.

3. Daya Tahan Baterai yang Cukup Lama

Bagi Anda yang memiliki kesibukan cukup padat dan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan charging HP, mungkin menggunakan iPhone 11 Pro menjadi solusi bagi Anda. HP ini telah dilengkapi dengan baterai Li-Ion dengan kapasitas sebesar 3190 mAh.

Bahkan jika dibandingkan dengan seri iPhone XS, seri iPhone 11 Pro dapat bertahan selama 4 jam lebih lama.

Walaupun masih kalah dengan daya baterai dari seri iPhone 11, tentunya dengan kapasitas 3190 mAh sudah lebih dari cukup untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

4. Cukup Tangguh 

iPhone 11 Pro dapat dikatakan cukup tangguh karena setelah pengujian dimasukkan ke air, HP ini tidak sama sekali mengalami gangguan. Hal ini tidak terlepas dari sertifikasi anti air IP68 yang telah dimilikinya.

iPhone 11 Pro dapat bertahan selama 30 menit di kedalaman air 4 meter, jadi cukup tangguh dibandingkan dengan HP sekelasnya.

Kekurangan

1. Notch dan Bezel yang Terlalu Lebar

Salah satu kekurangan iPhone 11 Pro yang menonjol yaitu notch (poni) dan bezelnya yang terlalu lebar. Dengan kedua faktor tersebut tentunya tampilan luar dari iPhone 11 Pro menjadi tampak kurang menarik.

Terlebih jika Anda sedang menggunakannya untuk menonton video atau film streaming, kekurangan tersebut akan semakin terlihat, karena cukup mengganggu pandangan ketika sedang menonton.

2. Tidak Terdapat Port Jack Audio

Seperti halnya pada iPhone 11, pada seri iPhone 11 Pro juga sudah tidak menyediakan port untuk jack audio 3.5 mm. Walaupun masih dapat diakali dengan menggunakan adapter yang dibeli secara terpisah, namun hal ini dirasa masih kurang praktis.

3. Kualitas Kamera Telefoto dan Ultra-Wide yang Masing Kurang

Adanya fitur telefoto dan ultra-wide yang dimiliki oleh iPhone 11 Pro mungkin dapat diapresiasi sebagai salah satu kelebihannya, namun yang menjadi masalah adalah kualitas kamera telefoto dan ultra-wide yang dimilikinya dirasa masih kurang.

Contohnya seperti kamera ultra-wide yang belum support untuk autofocus dan night mode. Sedangkan untuk kamera telefoto hanya mampu melakukan zooming sebesar 2x zoom saja. 

Masing kalah dengan beberapa pesaingnya yang dapat melakukan zooming sebesar 5x zoom.

4. Harganya Cukup Mahal

Walaupun telah menghadirkan banyak fitur baru, harga dari iPhone 11 Pro dirasa masih cukup mahal dan belum menjangkau semua kalangan. Bahkan pada varian yang paling murah sekalipun harganya masih di atas 10 juta.

iPhone 11 Pro sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin selalu update perkembangan teknologi dan fitur-fitur baru pada produk Apple. Anda dapat membeli produk iPhone 11 Pro di Bhinneka.com, salah satu marketplace gadget terlengkap yang ada di Indonesia.

Anda juga melakukan transaksi dalam jumlah yang banyak untuk keperluan bisnis di Bhinneka.com dengan mudah dan cepat. Tentunya terdapat harga khusus yang diberikan bagi Anda yang cukup menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar