Persona Intikalia

14 Mar 2021

Cara Mengatasi Ketiak Hitam dengan Bahan Alami

Walaupun tidak kelihatan, namun ketiak hitam dapat mengganggu rasa percaya diri, apalagi untuk kaum hawa. Banyak yang beranggapan jika warna ketiak berubah menghitam disebabkan karena sering mencukur bulu ketiak. Padahal, ada berbagai macam hal yang menjadi penyebab perubahan warna ini.

Sebenarnya, warna ketiak seharusnya sama dengan warna kulit tubuh lainnya. Sayangnya, beberapa orang mendapati ketiak mereka berubah menjadi menghitam. Warna ketiak yang menghitam dianggap kurang enak dipandang serta menganggu penampilan, lebih-lebih ketika menggunakan pakaian tanpa lengan. 

Kondisi Penyebab Ketiak Hitam

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan warna ketiak menjadi menghitam seperti:

1. Infeksi bakteri

Hitamnya warna ketiak dapat disebabkan karena infeksi bakteri. Bakteri tersebut biasanya tumbuh dengan subur ketika kita banyak mengeluarkan keringat dan kurang menjaga kebersihan area ketiak.

2. Iritasi kulit

Penyebab warna ketiak menghitam lainnya adalah sering menghilangkan bulu dengan cara mencukur. Mencukur dengan menggunakan alat cukur dapat memicu produksi melanosit dengan berlebihan.

3. Kehamilan

Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami perubahan kulit, salah satu perubahan kulit yang mereka alami ialah warna ketiak yang menghitam, hal tersebut disebabkan karena hormon kehamilan yang merangsang produksi melanin.

Bila warna ketiak semakin lama semakin menghitam, Anda bisa melakukan beberapa perawatan dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Mengatasi Ketiak Hitam

Agar bisa menghilangkan masalah ketiak yang menghitam, Anda harus mengetahui terlebih dulu sebenarnya apa yang menjadi penyebab dari kemunculan masalah ini. Apakah masalah ini disebabkan karena infeksi bakteri atau hal lain. Bila warna hitam disebabkan oleh infeksi bakteri, menggunakan antibiotik dapat menjadi solusi. 

Sedangkan, jika Anda sering mencukur bulu ketiak dengan menggunakan alat cukur, lebih baik gunakan krim untuk mencukur agar ketiak tidak teriritasi. Selain itu, Anda dapat menggunakan bahan alami seperti di bawah ini, antara lain:

1. Menggunakan lemon

Lemon merupakan bahan alami yang mempunyai sifat antibakteri dan antiseptik. Lemon juga memiliki kandungan asam yang akan membantu mengikis sel kulit mati di area ketiak. 

Untuk mengaplikasikan lemon sebagai pemutih ketiak, Anda dapat membagi lemon menjadi beberapa lembar kemudian gosok ke permukaan dengan perlahan, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Keringkan ketiak menggunakan handuk.

2. Menggunakan mentimun

Mirip dengan lemon, mentimun bisa mencerahkan kulit ketiak. Sebenarnya tidak hanya mencerahkan tetapi juga membuat kulit ketiak menjadi semakin segar. 

Jika ingin mengaplikasikannya, Anda bisa mengiris timun menjadi lembaran, kemudian gosok ke bagian ketiak. Diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air. Ulangi cara alami ini 2 kali dalam sehari sehingga bisa memperoleh hasil yang Anda ingini. 

3. Kunyit

Anda juga dapat menggunakan kunyit untuk memutihkan ketiak. Kunyit memiliki sifat antibakteri dan dapat memutihkan ketiak. Bahkan, bahkan alami yang dimiliki kunyit juga akan menghilangkan bau tidak sedap. Bila ingin mengaplikasikan ramuan ini dengan mudah, Anda bisa memilih kunyit bubuk.

Untuk mengaplikasikan ramuan kunyit ini, Anda bisa mencampur bubuk kunyit dan sedikit air, sehingga berubah menjadi pasta. Tambahkan lemon dan aduk hingga merata. Balurkan pasta kunyit dan campuran lemon ke ketiak dan diamkan selama 30 menit. Bilas ketiak dan keringkan. 

Memutihkan ketiak hitam dengan menggunakan bahan alami tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain itu Anda juga harus mempraktekkan cara ini secara teratur agar memperoleh hasil yang optimal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar