Persona Intikalia

20 Mar 2021

Idul Fitri Kali Ini, Jadi Mudik? Berikut Beberapa Tips Mudik 2021

Tidak terasa, pandemi ini sudah berlalu setahun lebih yah. Tak terasa juga kalau dalam waktu dekat sudah puasa Ramadhan, lalu lebaran Idul Fitri.

Jika tahun 2020 adalah tahun yang cukup berat menjalani kehidupan, saya rasa tahun 2021 ini lebih mendingan yah. Semoga saja begitu. Beberapa orang melewati banyak waktu pandemi dengan ngos-ngosan. Bahkan tetangga rumah sebelah kiri pas, akhirnya harus menjual rumahnya dan pindah ke desa karena benar-benar mati penghasilan sehari-harinya. Sempat main ke rumahnya kemarin, mendengar banyak cerita dari beliau. Betapa hancur perekonomiannya gara-gara pasar tutup. Orang-orang sudah beli baju lewat online. Dia berharap, dia di desa lebih bisa bertahan dengan bertani (karena memang di desa sana dia punya sawah dan rumah).

Saya rasa tidak hanya tetangga saya ini, hampir seluruh manusia di dunia ini juga benar-benar diuji di tahun 2020 hingga beberapa tahun kedepan. Kamu juga pasti merasakannya.

Omong-omong tentang Idul Fitri 2021 ini, kamu mau ke mana? Kalau saya sendiri sih paling-paling main ke rumah orang, ke rumah saudara dekat yang juga masih di Surabaya. Jika beberapa tahun yang lalu (sebelum Corona datang) masih bisa ke Madura, rasanya tahun ini mending jangan. Saya lebih suka melakukan hal preventif dan berhati-hati dengan Corona ini. Sudah cukup banyak orang-orang “terdekat” saya yang terkena Corona. Sudah cukup saya mengambil pelajaran.

Tips Mudik Saat Lebaran Idul Fitri 2021

Namun, buat kamu yang memang benar-benar sudah kangen dengan keluarga besar dan sudah lama bertahan di ibu kota untuk tidak mudik, ini lain cerita. Kamu perlu melakukan beberapa persiapan jauh-jauh hari sebelum mudik Idul Fitri 2021 ini. Apa saja itu?

1. Kamu harus tahu syarat perjalanan mudik terbaru 2021

Pastikan kamu selalu update dengan aturan mudik terbaru yang dirilis oleh pemerintah. Bisa jadi peraturan berubah berkali-kali dalam sebulan. Hal ini sangat dipengaruhi oleh tren kenaikan angka penyintas Covid-19.

2. Beli tiket jauh-jauh hari

Tiket mudik, biasanya sudah bisa dibeli 90 hari sebelum hari H. Jika kamu benar-benar ingin mudik, mulailah beli tiket mudik dari sekarang. Idul Fitri sudah sebentar lagi, sekitar 50-an hari lagi.

3. Siapkan barang-barang apa yang akan dibawa

Mendaftar barang-barang yang akan dibawa dari sekarang sebelum kamu terburu-buru. Mulai dari pakaian yang akan kamu pakai, persediaan masker, hand sanitizer, dan perlengkapan mudik lainnya. Membelinya dan menatanya di dalam koper akan lebih memudahkan dan mengurangi peluang ada barang yang lupa dibawa.

4. Siapkan biaya tambahan

Karena aturan mudik bisa berubah kapan saja, kamu musti menyiapkan biaya tambahan. Bisa jadi harus tes ini atau tes itu sebagai persyaratan perjalanan mudik. Tahu sendiri kan, harga tes untuk Covid-19 ini tidak murah. Bisa murah sih jika di-cover oleh pemerintah. Sayangnya tidak semua jenis tes di-cover.

5. Jaga kesehatan dari sekarang

Perjalanan mudik adalah perjalanan yang melelahkan. Kamu harus menyiapkan tubuh yang fit sebelum mudik. Tubuh yang tidak fit bisa menjadi penyebab gampang tertularnya Covid-19 dan bereaksi dengan tubuhmu.

Sebisa mungkin, terus patuhi protokol kesehatan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Bagaimana pun, dengan mematuhi protokol kesehatan, punya kemungkinan kecil untuk tertular. Berbeda dengan jika kamu tidak mematuhi protokol kesehatan, akan memperbesar kemungkinan kamu terkena Covid-19 dan malah jadi gagal mudik Idul Fitri 2021. Sayang banget kan. Sudah menunggu lama, menyiapkan banyak hal, namun gagal mudik gara-gara kecerobohanmu sendiri.

Itulah beberapa tips mudik Idul Fitri 2021 dari saya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar