Persona Intikalia

11 Apr 2022

Pilihan Wisata di Malang Saat Libur Lebaran Bersama Keluarga

Malang merupakan salah satu destinasi yang menjadi incaran banyak wisatawan ketika liburan. Hal ini disebabkan karena beragamnya tempat wisata yang berada di daerah ini. Berlokasi di Provinsi Jawa Timur, kota ini menjadi daerah paling besar kedua di Jawa Timur sesudah Surabaya sebagai ibukota.

Foto oleh Irwan Rudiyanto

Malang mempunyai luas wilayah sebesar 145,28 kilometer persegi. Daerah ini berbatasan dengan Karangploso serta Kecamatan Singosari di sebelah utara. Bukan hanya begitu kental dengan cerita sejarah yang dimilikinya, Malang mempunyai banyak tempat menarik yang ramah anak. 

Malang bahkan menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat musim libur lebaran tiba mulai dari wisata alam, budaya, sejarah sampai kuliner. Semua dapat kamu temukan dengan snagat mudah di sini. Namun, setelah sampai di Malang, tidak ada salahnya kamu melakukan swab antigen Malang terlebih dahulu, untuk memastikan jika kamu tidak terinfeksi COVID-19. 

Pilihan Wisata di Malang Ketika Libur Lebaran

Ketika berada di Malang, kamu dapat melakukan swab antigen di Kimia Farma Kauman Malang. Bukan hanya di Klinik Kimia Farma. 

Pilihan lain yang bisa kamu pilih untuk melakukan test COVID-19 adalah di Prodia Sumbersari Malang. Setelah kamu dinyatakan bebas COVID-19, kamu bisa mengunjungi berbagai macam wisata dibawah ini, yaitu:

Museum Angkut

Museum Angkut merupakan pilihan wisata favorit wisatawan yang singgah di Malang baik dari kalangan domestik maupun dari mancanegara. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai moda transportasi dari waktu ke waktu. 

Kamu bisa menemukan mobil klasik yang dijual dengan harga mahal, bahkan di sini juga terpajang kendaraan yang dulunya digunakan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno. Setiap moda transportasi dikelompokkan berdasarkan zona. 

Jatim Park

Kurang lengkap rasanya jika mengunjungi Malang namun tidak singgah ke Jatim Park. Destinasi wisata ini sangat luas bahkan mirip dengan Dunia Fantasi. Namun, keseruan yang akan kamu peroleh akan berebeda dengan area bermain di Jakarta. 

Taman ini dibagi menjadi 2 kelompok besr yakni Jatim Park 1 serta Jatim Park 2. Wahana air dapat kamu temukan di Jatim Park 2, sedangkan jika ingin melihat kehidupan dinosaurus, kamu bisa melihat Jatim Park 3.

Mata Air Sumber Sira

Ketika puas bermain, sudah saatnya menenangkan diri serta pikiran sembari menyegarkan badan di kolam air. Di sini, kamu bisa menyapa secara langsung ekosistem ganggang laut dibawah air tanpa harus menyelam. 

Kamu tidak perlu khawatir, air di sini sangat segar dan bersih sehingga cocok bagi kamu yang ingin berenang sembari menyatu dengan alam. 

Candi Singosari

Masih memiliki waktu luang di Malang? Pilihan wisata yang berikutnya bisa kamu kunjungi ialah Candi Singosari. Bangunan ini kental dengan nuansa cerita sejarah yang menceritakan mengenai kejayaan Kerajaan Singosari. 

Kerajaan Singosari merupakan kerajaan dengan corak Hindu-Budha yang masuk di Indonesia. beda dari candi lain di Indonesia. Candi ini mempunyai arsitektur bangunan yang bisa dikatakan unik terdiri dari dua tingkatan. Tidak jauh dari lokasoi candi, kamu akan menemukan pemandian yang diyakini pernah digunakan Ken Dedes. 

Batu Night Spectacular

Biasanya, ketika malam tiba, banyak tempat wisata yang tutup. Namun, Batu Night Spectacular berbeda. Batu Night Spectacular beroprasi dari sore sampai malam hari, sehingga ketika menjelang tengah malam, Batu Night Spectacular masih dibuka. 

Batu Night Spectacular merupakan wisata yang berada dibawah operasional Jatim Park, Batu Night Spectacular identik dengan berbagai macam wahana yang seru dan menarik seperti trampoline, hingga rumah hantu. Dengan cahaya malam yang indah serta langit malam yang menjadi latar, Batu Night Spectacular menjadi pilihan yang menarik. 

Pilihan Kuliner Malang

Selain mengunjungi berbagai destinasi wisata di Malang, kurang lengkap jika kamu tidak mencoba menu kulinernya. Berikut beberapa pilihan kuliner di Malang, antara lain:

Nasi pecel

Nasi pecel Malang sebenarnya tidak berbeda jauh dengan nasi pecel yang berasal dari daerah lain. Dalam sepiring nasi pecel, kamu akan memperoleh sayuran seperti kangkung, kacang panjang serta kemangi. Makanan tersebut disajikan dengan siraman sambal kacang dan rempeyek. 

Bakso bakar

Bakso bakar menjadi kuliner lain di Malang yang harus kamu coba. Biasanya, di restoran atau kedai juga menyajikan bakso bakar yang ditusuk menggunakan tusukan sate serta dilumuri dengan berbagai bumbu. 

Rawon

Rawon menjadi kuliner khas Malang yang terdiri dari rempah dan ditambah dengan potongan daging sapi. Kuah dengan warna hitam dan rasanya yang gurih memang sangat menggugah selera. Kamu bisa menyantap rawon bersama dengan nasi putih. 

Orem-orem

Mungkin kamu cukup asing dengan sajian makanan ini. Biasanya, orem-orem disajikan ketika acara besar tertentu seperti tasyakuran maupun pernikahan. Namun sekarang kamu tidak akan kesulitan untuk mencicipinya. Orem-orem, adalah makanan yang berasal dari irisan tempe serta ayam goreng. 

Tempat Menginap di Malang 

Ketika liburan, akomodasi penginapan menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Beberapa tempat menginap di Malang seperti The Onsen Hot Spring Resort, Atria Hotel Malang, Swiss Belinn Malang,  The 101 Malang OJ, Ijen Suites Resort & Convention dan masih banyak lagi. 

Kamu dapat memilih tempat menginap sesuai dengan anggaran liburan lebaran yang sudah kamu siapkan sebelumnya. 

Berlibur ke Malang memang menjadi sebuah pilihan yang menarik, namun jangan lupa untuk melakukan swab antigen Malang terlebih dahulu agar liburanmu bersama dengan keluarga aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar