Persona Intikalia

15 Apr 2022

Manfaat Protein untuk Kesehatan Tubuh

Tingginya aktivitas harian terkadang membuat daya tahan tubuh menurun. Untuk menjaga daya tahan tubuh tentu dibutuhkan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Salah satu zat gizi yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pembentukan jaringan dan sel-sel dalam tubuh adalah protein.


Menurut KEMENKES, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi protein sebanyak 0,75gram/1 kg berat badan. Jadi rata-rata laki-laki membutuhkan 55 gram protein setiap harinya, sedangkan wanita membutuhkan 45 gram protein. Kekurangan protein dapat menyebabkan permasalahan kesehatan seperti stunting pada anak, penyusutan jaringan otot, kebotakan, anemia, degenerasi kulit, dan lainnya. Anda dapat memperoleh protein dari hewan maupun tumbuhan. Sebelum membahas makanan apa saja yang memiliki protein tinggi, alangkah baiknya Anda simak beberapa manfaat protein. 

Manfaat Protein Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat protein untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Menurunkan risiko diabetes.
    Mengonsumsi protein dapat membuat tubuh tidak mudah merasa lelah dan tidak mudah lapar. Sehingga dapat menekan konsumsi gula dan karbohidrat yang menjadi faktor utama penyakit diabetes.
  2. Meningkatkan massa otot dan kekuatan otot.
  3. Mencegah kebotakan rambut.
  4. Menjaga kekuatan tulang.
  5. Mempercepat penyembuhan luka.
  6. Meningkatkan metabolisme tubuh.
  7. Meningkatkan pembakaran lemak.
  8. Menurunkan berat badan.
  9. Membentuk enzim, hormon, dan antibodi.

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Setelah mengetahui berbagai manfaat protein, berikut beberapa makanan yang mengandung protein yang dapat Anda konsumsi. 

1. Daging Sapi

Daging sapi bisa dibilang merupakan protein superior, karena setiap 100 gram daging sapi mengandung kurang lebih 27 gram protein. Mengonsumsi daging sapi sangat tepat bagi Anda yang memiliki aktivitas tinggi, karena besarnya jumlah protein yang akan Anda dapatkan.  Selain itu daging sapi juga mengandung vitamin B dan zat besi sebagai pencegah anemia. Anda dapat memilih bagian has luar atau sirloin dan bagian panggul sapi agar mendapatkan protein yang lebih tinggi dan rendah lemak. 

2. Daging Ayam

Daging ayam juga merupakan protein hewani yang kandungannya tinggi, terutama dibagian dada ayam yang memiliki kandungan 53 gram protein per 1 dada ayam. Menu dada ayam cocok untuk Anda yang sedang melakukan program diet atau program pembentukan massa otot.

3. Telur

Telur merupakan protein hewani yang murah dan mudah Anda temui di pasaran. Telur memiliki kandungan protein sebesar 6 gram per bijinya. Telur juga mengandung vitamin A, fosfor, asam folat, lemak baik, antioksidan, kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan jantung. 

4. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki 20 gram protein per 100 gram. Selain itu salmon juga mengandung omega-3 yang tinggi yang baik untuk kesehatan jantung, otak, serta menjaga daya tahan tubuh.

5. Gandum

Gandum merupakan protein nabati yang memiliki kandungan protein sebesar 17 gram per 100 gram gandum. Gandum juga merupakan karbohidrat kompleks yang kaya akan serat, yang baik untuk kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes.

6. Tahu dan Tempe

Olahan dari kedelai ini mengandung 10 hingga17  gram protein per 35 gram. Tahu dan tempe mudah Anda temui dan juga mudah diolah untuk menjadi berbagai makanan mulai dari gorengan hingga berbagai resep lainnya.

7. Susu

Susu mengandung kalsium, fosfor, vitamin B2, vitamin D, dan protein tinggi merupakan minuman favorit dari semua kalangan yang menyehatkan. Segelas susu mempunyai 8 gram protein. 

Meskipun asupan protein sangat penting bagi kesehatan, Anda tidak boleh berlebihan mengonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar