Persona Intikalia

24 Jan 2012

Apa Itu Hati?

Hati. Hampir semua orang Indonesia tahu apa itu hati. Namun, masih terdapat kerancuan tentang hati, apalagi dalam Bahasa Indonesia. Pernah, ketika aku membuat status di Facebook-ku tentang hati, ada salah satu temanku yang salah paham. Dia bingung, dia menganggapnya hati yang aku tulis adalah hati (lever), padahal yang aku tulis aku maksudkan adalah hati (heart). Sering sekali puisi ataupun syair-syair melantunkan kata hati, namun hati yang dimaksud adalah hati (qolbu). Apa sebenarnya perbedaan dari ketiga hati tersebut?

Kerancuan dari Bahasa Indonesia perihal hati sebenarnya dimulai dari serapan yang salah pula. Hati (lever) ini diambil dari Bahasa Jawa yaitu "ati". Berasal dari perkataan "diwenehi ati gerogoh rempelo" (diberi hati malah mengambil rempela) karena memang posisi "ati" yang berdekatan dengan "rempelo", setidaknya biasanya aku temui saat aku makan jerohan nasi bebek. Dan memang kalau kita belajar biologi di sekolah yang dimaksud dengan hati adalah hati (lever).

Sedangkan hati adalah hati (heart) lebih diambil dari serapan terhadap Bahasa Inggris. Berbeda dengan hati adalah hati (qolbu) lebih cenderung di ambil dari Bahasa Arab. Qolbu itu dari qolaba yanqolibu (membalik). Lantas apa hubungannya dengan hati? Karena hati itu mudah sekali membolak-balik. Karena manusia itu intuitif.

Mengapa bisa terjadi seperti ini? Jawabannya mudah. Setiap kata yang ada di dunia ini pasti memiliki dua hal, etimologi dan terminologi. Mudahnya, etimologi adalah arti seperti halnya dalam kamus, sedangkan terminologi adalah arti menurut apa yang dimaksudkan dalam sebuah kalimat. Jadi misalkan ada seseorang yang berkata "Aku sakit hati", secara etimologi ia menderita penyakit hati (lever), namun secara terminologi bisa jadi ia merasa marah karena dikhianati oleh seseorang.

Aku teringat oleh sebuah perkataan, "Li kulli makanin qoulin, wa li kulli qoulin makanin" (setiap tempat ada perkataannya sendiri, dan setiap perkataan ada tempatnya sendiri).

38 komentar:

  1. Bener banget, di Indonesia hati tuh maknanya ambigu...bisa jantung, bisa liver, bisa juga ati ampla, hahaha

    BalasHapus
  2. Hahaha.... itulah indonesia...
    contoh lain...

    Odol.. itu kan nama merk bukan nama benda... yang bener pasta gigi (^ ^

    BalasHapus
  3. benar banget mas, terkadang suatu kata juga memiliki arti yang berbeda tergantung kalimat yang melengkapinya..

    BalasHapus
  4. misal saja, gambar hati udah pasti di artikan banyak orang sbg arti sebuah cinta, tapi hati itu tidak melulu isinya cinta terus, kadang bisa kecewa, sedih, cemas, ataupun perasaan lainya. mbuh ah njelimet sob haha..

    BalasHapus
  5. iya kadang suka ambigu kalo bicarain hati,
    misalnya makan hati, bisa jadi dia makan hati (makanan) atau hanya istilah '_'

    BalasHapus
  6. kayak beli air minum kemasan, ngomongnya beli Aqua. tapi dikasih yang lain ya dibeli juga hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mau gimana lagi kev ... kan udah jadi kebiasaan masyarakat kita :P

      Hapus
  7. kali ini dalilnya keluarrr~
    nice posting ....
    blajar membedakan hati,hati dan hati

    BalasHapus
  8. di luar negeri ada juga kug gan yang kayak gitu :P

    BalasHapus
  9. Koq bisa ya terjadi seperti itu??

    BalasHapus
  10. beli teh botol.... pasti yg dikasih teh botol sosro :p

    BalasHapus
  11. @kacho: ya mana ku tahu :)

    @Ario Antoko: haha .. itu mah gara2 iklan :P

    BalasHapus
  12. wah postingannya untuk yang maqomnya dah tinggi nih om, he...he...he...

    BalasHapus
  13. klo yang ngepost lagi galau, hati = heart
    klo lagi laper, hati = hati ayam +ampela
    hehehe

    :p

    Memang banyak yang ambigu tapi itulah Indonesia.

    BalasHapus
  14. eits, penuh dengan filosofi yah postingan kali ini

    BalasHapus
  15. @Dangstar: :D

    @Rosa: haha ... bisa aja

    @Ratnawati Utami: sekali2 begitu mbak :P

    BalasHapus
  16. semua orang punya hati., tapi kadang ucap tak selamanya keluar dari hati hehe salam kenal gan.,

    BalasHapus
  17. tapi sakit hati itu lebih terdengar sebagai ia merasa marah karena dikhianati oleh seseorang.


    :P

    BalasHapus
  18. @djawa: salam kenal :P

    @Reina: :)

    @nuel: haha

    BalasHapus
  19. hatinya pujangga sama hatinya dokter beda ya LOL

    BalasHapus
  20. sama, kalo dokternya dokter cinta LOL

    BalasHapus
  21. keren postingannya, jadi makin nambah ilmu :D

    BalasHapus
  22. gak cuma arti dari ahti,tapi penyakit hati juga bermacam-maca,,

    #gak nyambung ya :?:

    BalasHapus