Persona Intikalia

3 Jan 2012

Konsep Inovasi Intikali

Setiap saat intikali selalu berinovasi. Jangan pernah berpikir bahwa intikali itu dikerjakan oleh satu orang saja. Intikali itu dikerjakan oleh banyak orang yang kamu belum mengetahuinya dengan pasti siapa-siapa yang terlibat dalam keintikalian ini. Mungkin yang terlihat di permukaan hanyalah sosok John Terro dan beberapa orang yang mulai memunculkan batang hidungnya di kancah perintikalian. Kamu tak 'kan pernah menyangka, bisa jadi orang di samping kalian adalah orang yang terlibat dengan intikali. Waspadalah!!!

Paragraf di atas hanyalah iseng belaka. Inilah paragraf yang sesungguhnya. Apa sih yang sebenarnya menjadi inovasi di intikali? Jika kamu termasuk orang yang lama berkunjung di blog ini pasti tahu apa saja inovasi yang dilakukan oleh intikali. Yang paling mencolok adalah template. Dulu, setiap bulan, blog ini selalu berganti template. Bahkan dua kali dalam sebulan pernah dilakukan. Namun, akhir-akhir ini, seperti yang kamu perhatikan, template blog ini sejak Agustus tetap seperti ini dan ga ada perubahan kecuali sedikit saja.

Dulu, aku berpikiran bahwa inovasi itu adalah menghasilkan hal yang baru. Konsep inovasi di otakku saat itu adalah benar-benar baru. Namun, setelah aku pikir-pikir lagi konsep inovasi yang aku pahami adalah salah. Keyakinanku semakin bertambah bahwa konsep inovasi yang aku pahami salah ketika aku memperhatikan konsep inovasi milik Apple. Dulu Apple juga mengalami seperti aku, dia benar-benar memaknai inovasi dengan hal yang benar-benar baru. Hingga Apple menyadarinya ketika Apple II jatuh di pasaran. Bagaimanakah konsep inovasi Apple yang sekarang?

Konsep inovasi Apple yang sekarang adalah mempertahankan model awal dengan sedikit perubahan. Dengan sedikit perubahan itu pun bisa disebut inovasi. Inovasi yang seperti inilah yang lebih bertahan di pasaran. Namun, tidak menutup kemungkinan jika nantinya akan ada inovasi yang benar-benar baru ketika pasar sudah bosan dengan bentuk itu. Begitu juga aku. Dengan menganut apa yang dianut oleh Apple, aku mempertahankan template kali ini yang aku buat dalam sisi model awal. Namun tetap saja ada perubahan-perubahan sedikit yang berarti. Konsep blog ini mungkin akan selalu oranye dan ada avatar Chibi Chara John Terro. Aku mungkin hanya mengubah di bagian tata letak widget-nya saja.

Ada sesuatu yang benar-benar harus berubah di blog ini, tepatnya gaya ngeblogku. Dulu, masih jarang blogwalking, hanya menulis artikel saja. Lalu melakukan blogwalking dan sering dapat Award. Kini sepertinya budaya Award itu mulai ditinggalkan oleh beberapa blogger, termasuk aku. Kini yang lebih menantang dan nyata adalah Giveaway. Itu memang trend blogging akhir-akhir ini. Jika yang lainnya membuat giveaway berhadiah buku, baju, ataupun makanan. Berbeda dengan diriku, giveaway yang aku buat kebanyakan berupa data, yaitu template dan desain Chibi Chara.

Mungkin, dan sepertinya ini bakal terjadi, budaya blog yang hanya diurus satu orang mulai ditinggalkan. Banyak ditemui kini blog diurus oleh beberapa orang. Aku dan beberapa blogger lainnya seperti Enny Law, Ario Antoko, Tiara, dan Yenny juga ingin merintis blog yang dikerjakan banyak orang. Kita lihat saja nanti. Bagaimana dengan kamu?

20 komentar:

  1. Walaupun nanti akan ada satu blog yg bisa di "gangbang" rame2, blog personal masih akan tetap jadi pilihan..

    BalasHapus
  2. tentu saja, blog personal dibutuhkan untuk pembelajaran menuju ke ranah profesional :)

    BalasHapus
  3. kamu pinter banget bikin template :) iri deh

    BalasHapus
  4. wah jadi kpengen neh,,,,,,,,

    BalasHapus
  5. yap inovasi bukan berarti harus melakukan perubahan yang besar-besaran bukan,atau semuanya baru :)

    BalasHapus
  6. mudah2an tercapai keinginan punya blog profesional (tapi tema jgn galau deh, tapi pilih tema yg komersil tanpa melanggar syariat agama) :D

    BalasHapus
  7. semua kembali ke keuletan masing2..
    kadang seseoang dapat mngerjakan ssuatu sndiri dan mnghasilkan hal yg bagus
    an tidak jaang kita haus meminta pendapat orang lain untuk mncipkana sesuatu yg lebih..
    kembali lagi ke kepribadian masing2

    BalasHapus
  8. @Rohani: makasih :)

    @ancha: kepengen apa?

    @obat: begitulah

    @Ario Antoko: oke, nanti dibicarakan lagi :)

    @Si Galau: betul gan

    BalasHapus
  9. waduh ada chibi chara give-away?? aiiiiih, menggiurkan..

    BalasHapus
  10. apana yg bner ? :D wkakakaak..
    #purapuralupasamaapayangdiucapkan

    BalasHapus
  11. hem..hem..
    trus konsep intikali yang baru bagaimana?

    BalasHapus
  12. pasti seru dah blog kolaborasinya. pada jago bongkar pasang template. sumpeh... mupeng bener sya, bisa tau begituan.
    sukses buat resolusi bersamanya.

    BalasHapus
  13. wah setiap bulan ganti template mas mantap , kalo saya kadang seminggu ganti style template gampang bosan saya.

    Soal pertanyaan di blog ane , loadingnya menurut ane udah pas ideal tepatnya :)

    BalasHapus
  14. @Si Galau: yang ini loh gan "kembali lagi ke kepribadian masing2"

    @YeN: ya itu, yang ada di atas (#mantraintikali) dan beberapa hal yang masih dirahasiakan dari publik sebelum tanggal rilisnya LOL

    @Accilong: kamu pun juga bisa belajar
    btw, makasih untuk doanya :)

    BalasHapus
  15. @Mbah Qopet: kalo tiap minggu ganti template mah repot LOL

    BalasHapus
  16. kolaborasi yg hebat kalau kalian digabungkan jadi satu,

    BalasHapus