Persona Intikalia

13 Nov 2013

Belanja Online yang Bijak

Jika dulu orang-orang belanja di pasar, maka kini kebanyakan orang lebih suka belanja di mini market. Beberapa orang menghindari tawar-menawar yang kadang menyesatkan atau dalam Bahasa Jawa dikenal dengan ‘keblobok’. Begitu juga denganku yang ga suka nawar di pasar. Kadang ga tega mau nawar, hehe.


Zaman pun terus bergeser. Ga hanya belanja di dunia nyata, belanja online pun kini jadi trend. Jika dulu saya masih takut belanja online, kini pun sudah terbiasa. Mulai dari beli buku sampe kebutuhan hidup lainnya.

Sebenarnya apa sih yang bikin takut belanja online? Jujur, kalo saya dulu karena saya tidak tahu apakah toko online itu beneran atau fiktif. Banyak sekali kasus toko online yang tipu-tipu. Sebenarnya gampang untuk mengetahui beneran atau tipu-tipunya.

Toko online yang tipu-tipu biasanya pake blog gratisan. Domain dan hosting-nya gratisan. Kalo yang beneran biasanya pake domain dan hosting berbayar. Apalagi untuk toko online yang berdomain .co.id, ini toko 99% beneran karena ga mungkin bisa dapet domain .co.id tanpa punya surat ijin usaha, seperti zalora.co.id.

Selain itu, gunakan referensi dari teman-temanmu. Biasanya sih aku cari info dulu mengenai toko online itu ke teman-temanku. Jika banyak yang mengatakan toko itu bagus, transaksi lanjut.

Itu sih dari sisi keamanan. Dari sisi hemat atau tidaknya, toko online bisa lebih hemat bisa lebih mahal. Hemat jika di daerah rumahmu ga ada yang jualan itu. Biasanya sih ini terjadi saat aku beli baju online atau buku online. Kadang males ke toko buku atau toko baju, karena belum tentu ada yang kita cari. Beda dengan toko online, kita ga perlu capek-capek jalan. Tinggal klik, eits, tapi jangan lupa bayarnya, hehe.

Apalagi sekarang toko online bisa diakses lewat mobile. Belanja jadi lebih mudah. Tapi ingat, harus hemat. Belilah yang kamu butuhkan.

10 komentar:

  1. Cie yang dapet job review :P

    BalasHapus
  2. enny juga gak nawar klo di pasar :D
    kasian, lgian klo udah murah ngapain ditawar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kasian harusnya kayak gini
      enny: bu, ini berapaan?
      penjual: 3 ribu nak
      enny: kalo 5 ribu boleh ga bu?
      penjual: (bingung)

      Hapus
    2. bener loh yah, enny klo ke pasar kyk gitu,
      iska siapin duit yang banyak loh :P

      Hapus
    3. wekeke, marmut gak punya duit, :P

      Hapus
  3. sekarang belanja online suka ada yang nawar juga loh hehehe. pengalaman pribadi ditawar orang sewaktu beli buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya bukan nawar, lebih tepatnya lelang

      Hapus