Persona Intikalia

27 Feb 2015

Fenomena Akun Twitter Robot

Beberapa hari kemarin saya iseng mencari akun Twitter yang sukanya promoin jualan. Nemu sih beberapa, kemudian aku follow. Namun, hanya sedikit ternyata yang memang akun Twitter beneran yang diasuh oleh manusia. Beberapa tidak aktif lagi membalas, hanya tweet dan tweet. Kemungkinan besar sih akun itu sudah diskejul hingga beberapa bulan. Jadi ketahuan banget ga bisa bales mention dari saya.

Itu sih tidak seberapa aneh menurut saya, karena memang saya pun juga menskejul tweet saya untuk beberapa hal. Namun, sesekali saya tetap aktif dan membalas mention walaupun terlambatnya lama, hehe. Kemarin, saya menemui akun yang cukup aneh. Saya mention, dia bales "wokeh" saja. Tanpa membalas pertanyaan saya. Kemudian saya mention lagi dengan pertanyaan lain, dia bales "oke" saja. Aneh kan. Saya berasa berkomunikasi dengan robot. Dan kemungkinan besar akun itu emang akun robot. Kalo manusia, balesnya pasti bervariasi dan masih dalam konteks pertanyaan yang saya ajukan.

Kemudian saya teruskan mencari akun-akun lainnya. Kebanyakan akun yang suka promoin jualan itu adalah robot yang sudah diskejul. Dia ngetweet tiap hari sesuai pesanan. Dia menawarkan jasa buat retweet iklan berbayar segala. Tidak sampe berlangganan, dari sana saja saya sudah meragukan. Kemungkinan produk tertarget dengan baik sangat kecil. Siapa sih yang tertarik membeli barang/jasa dari robot? Sepertinya mending saya promosiin sendiri aja :D

6 komentar:

  1. sy jg sering skali menerima mention dari akun2 penjualan.. barangkali hal itu sdh datur wktux.. salam

    BalasHapus
  2. pembeli harus dilayani dengan aik ya seharusnya, kalau robot yang melayani bisa=bisa pergi pelanggannya

    BalasHapus
  3. Ohhhh ternyata hanya robot.
    Makasih ni infonya :)

    BalasHapus