Persona Intikalia

30 Nov 2017

So Good Cerdik, Sarana Belajar Interaktif yang Menyenangkan untuk Anak

Zaman sekarang hampir semua orang punya ponsel pintar. Bagaimana tidak, pasalnya ponsel pintar ini harganya sangat terjangkau. Dengan uang di bawah 2 juta saja sudah bisa mendapatkan ponsel pintar dengan spesifikasi yang bagus. Bahkan dampak dari banyaknya ponsel pintar yang tersebar di semua kalangan, banyak sekali anak-anak yang sudah memegang ponsel pintar sendiri. Sebenarnya ini ada sisi positifnya juga ada sisi negatifnya.

Sisi positifnya adalah agar anak dapat mudah berkomunikasi dengan orang tuanya, misal ingin dijemput di sekolah atau hal lainnya. Sisi negatifnya yang paling nampak adalah anak bisa kecanduan memegang ponsel apalagi jika saat nge-game atau lihat YouTube, biasanya mendadak tidak mendengar panggilan orang tuanya. Bahkan kadang ada yang malas untuk mandi.

Sebagai orang tua, kita harus selektif membatasi apa saja yang dilakukan anak kita di ponselnya. Salah satunya adalah dengan mengatur game apa saja yang bisa dimainkan dan aplikasi apa saja yang bisa dibuka. Misalkan YouTube, seharusnya dibatasi dengan diberi password saat aplikasi akan dibuka. Selain itu, orang tua harus memberikan hiburan yang mendidik untuk anaknya. Salah satu hiburan yang mendidik untuk anak adalah So Good Cerdik.

Aplikasi So Good Cerdik

Apa itu So Good Cerdik? Kata Cerdik berasal dari singkatan Cerita Digital Interaktif. Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa ini adalah aplikasi yang berguna untuk menyajikan cerita digital yang interaktif. Interaktifnya sampai di mana sih? Yuk kita ulas satu per satu.

Teknologi di Balik So Good Cerdik

So Good Cerdik ini menggunakan teknologi Augmented Reality untuk menangani interaktifnya. Sebenarnya teknologi Augmented Reality ini sudah saya kenal sejak tahun 2009 lalu saat awal masuk kuliah. Augmented Reality ini juga terus mengalami perkembangan tiap tahunnya. Jika dulu masih menggunakan semacam QR Code, kini Augmented Reality yang digunakan di So Good Cerdik ini sudah menggunakan teknologi markerless. Jika kamu pernah bermain Pokemon GO, pasti kamu akan familiar dengan So Good Cerdik ini. Karena teknologi yang dipakai hampir sama.

Cara kerjanya kamera menangkap gambar lalu software AR ini menerjemahkan gambar yang ditangkap tersebut menjadi sebuah gambar 3D yang bisa bergerak dan digerakkan oleh pengguna. Sebelumnya gambar tersebut ditentukan fiturnya yang unik oleh sang programmer. Mungkin bagi kita yang awam, kita tidak akan menyangka bahwa sebenarnya gambar tersebut sudah ditentukan fiturnya berdasarkan warna, sudut, dan keunikan.

Deteksi menggunakan AR

Deteksi tanpa AR

Untuk menerjemahkan gambar yang ditangkap kamera, butuh pencahayaan yang bagus dan kamera yang beresolusi cukup tinggi. Sekilas mencoba aplikasi So Good Cerdik ini, saya menemukan fakta bahwa ponsel saya Lenovo A6000+ tidak bisa menerjemahkan gambar yang ditangkap. Anehnya, saya menggunakan ponsel istri saya Huawei Y5 yang spesifikasi lebih rendah dari ponsel saya malah bisa. Sepertinya masalah terletak pada fitur auto fokus kamera Huawei Y5 yang lebih bagus dari ponsel Lenovo A6000+.

Konten So Good Cerdik

Dari sisi konten, So Good Cerdik ini memang saya acungi jempol. So Good Cerdik ini selain menyediakan konten yang menarik berupa cerita digital, dia juga menyediakan resep untuk sang ibu.

Cerita Interaktif

Di dalam So Good Cerdik ini terdapat 3 macam cerita yang disediakan untuk saat ini. Yang pertama tentang LaLa dan SingSing, kedua tentang Umbo Larage, dan ketiga tentang Chika dan Chiko.

Konten Cerita

Setelah mencoba aplikasi ini saya melihat bahwa cerita digitalnya sangat menarik. Kebetulan saya mendapat frame gambar mengenai cerita Chika Chiko Part 2. Di bawah ini adalah salah satu penampakan dari cerita digital interaktif dari So Good Cerdik.

Cerita Chika dan Chiko Part 2

Anak-anak bisa melihat gambar 3D yang bergerak sembari mendengarkan narator yang bercerita di aplikasi ini. Aisyah sangat suka sekali dengan aplikasi So Good Cerdik ini karena memang sebelum adanya aplikasi ini Aisyah sering kali kami ceritakan cerita-cerita melalui boneka yang saya gerak-gerakkan. Aplikasi ini membuatnya excited dan mengeksplorasi lebih jauh. Tahu sendiri 'kan anak kecil sekarang sangat mahir mengoperasikan gadget.

Saya mencontohkan cara pengoperasian So Good Cerdik pada Aisyah

Aisyah mencoba sendiri So Good Cerdik

Aisyah sudah bisa memainkannya secara mandiri

Dari pengalaman saya sendiri mengenalkan aplikasi So Good Cerdik ini pada Aisyah, tidak butuh waktu yang lama untuk Aisyah memahaminya. Navigasinya sangat mudah sekali dipahami oleh Aisyah yang berumur kurang dari 4 tahun ini.

Nilai Moral yang Didapatkan dari Cerita Chika & Chiko Part 2

Ketika Chiko mengalami masalah karena telur yang dipesan Chika tidak ada, Chiko tetap tidak berputus asa. Chiko menemukan ide untuk mengganti telur dengan naget. Meski awalnya Chika marah, namun akhirnya menerima alasan Chiko. Bahkan anak-anak menyukai sandwich isi naget bentuk dinosaurus yang dibawa oleh Chiko.

Dari sekilas cerita ini mengajarkan pada anak tentang tidak boleh kita berputus asa saat menghadapi masalah. Setiap kesulitan, pasti ada kemudahan yang menyertainya. Begitu juga anak diajarkan untuk tidak langsung marah ketika tidak mendapatkan yang diinginkan. Justru kadang penggantinya lebih bagus.

Resep untuk Ibu

Selain konten cerita yang bisa dinikmati oleh anak kita, kita juga bisa menikmati kumpulan resep di So Good Cerdik ini. Resep yang ada di sini sangat menginspirasi buat para ibu loh. Kumpulan resep ini akan tersedia jika kamu men-scan frame gambar yang kamu dapatkan dari kemasan So Good bertanda khusus.

Konten Resep

Untuk kasus saya ini, yang terbuka sudah 2 bagian. Hal ini karena saya punya Chika dan Chiko Part 1 dan Part 2-nya. Maka secara tidak langsung resep Family Party akan terbuka. Berikut ini adalah salah satu resep yang bisa dibuka.

Resep Canape Karaage

Itulah mengapa saya menangkap nilai interaktif dari So Good Cerdik ini berada pada satu kesatuan antara memanjakan anak dan ibu. Dari sisi anak, anak bisa berinteraksi dan memainkan gambar 3D yang ada di dalam cerita sembari mengajarkan nilai-nilai kehidupan seperti tidak boleh putus asa dan tidak boleh cepat marah.

Sedangkan dari sisi ibu, ibu juga bisa secara tidak langsung mengajarkan kebaikan pada anak dan mendapatkan resep masakan baru dari aplikasi ini. So Good Cerdik ini juga lebih asyik dimainkan bersama-sama. Misal antara ayah dan anak, ibu dan anak, atau kakak dan adiknya.

Tertarik untuk Mencoba?

Membaca ulasan saya di atas tentu tidak akan menghentikan rasa penasaranmu. Jika kamu ingin mencoba, kamu bisa membeli salah satu produk So Good yang berukuran 400 gram dan bertanda khusus seperti di bawah ini.

Naget Ayam So Good bertanda CERDIK

Setelah itu, kamu akan menemukan kartu bergambar dan frame warna-warni. Kartu dan frame ini nantinya yang digunakan untuk di-scan menggunakan aplikasi So Good Cerdik di ponsel pintarmu. Oh yah, aplikasi So Good Cerdik ini bisa kamu download di sini.

Setelah semuanya tersedia, kamu arahkan kamera ke kartu yang berada di dalam frame tersebut. Taraa! Maka akan mucul tulisan "Mulai Cerita", lalu klik. Nikmati keseruan ceritanya!

2 komentar: