Persona Intikalia

27 Sep 2018

4 Tips Praktis Hemat Listrik Agar Tagihan Tidak Bengkak

Hampir seluruh aktivitas di rumah membutuhkan listrik. Solusi untuk mengatasi kebutuhan listrik bisa dengan pemasangan panel surya di http://sewatama.com/id/pemanfaatan-listrik-tenaga-surya-bagi-kebutuhan-masa-depan/. Sedangkan solusi untuk tagihan listrik agar tidak bengkak dengan melakukan tips praktis hemat listrik berikut ini.


1. Menggunakan Ventilasi

Penggunaan hemat listrik di rumah untuk AC atau pun kipas angin dapat digantikan dengan penggunaan ventilasi udara secara optimal. Termasuk membuka jendela sehingga udara dapat bertukar dan tidak terasa menggerahkan terutama di pagi hari. Membuka jendela atau pintu akan membuat cahaya matahari masuk sehingga tidak perlu menghidupkan pintu.

2. Daya Listrik

Pembayaran daya listrik banyak atau tidaknya juga dipengaruhi oleh daya tegangan yang digunakan. Ada perbedaan yang signifikan dengan daya listrik tegangan rendah Rp1.459,00 kWh dan daya listrik tegangan menengah Rp1.112,00 per kWh.

Biaya di daya tegangan tinggi Rp996,00 per kWh dan daya listrik layanan khusus Rp1.631,00 per kWh. Jadi penting untuk kamu memilih daya listrik sesuai dengan kebutuhan pemakaian listrik setiap harinya agar tagihan tidak bengkak. Pastikan pula saat meninggalkan rumah semua alat yang menggunakan listrik dimatikan dengan mencabut stop kontaknya.

3. Peralatan dengan Daya Listrik Rendah

Kamu harus jeli dalam menggunakan peralatan rumah. Pilihlah peralatan yang menggunakan daya listrik rendah sebagai upaya penggunaan hemat listrik. Biasanya pada mesin cuci, rice cooker, kipas, AC, dan televisi. Gunakan alat listrik ini sesuai kebutuhan dengan optimal agar mengurangi pemakaian dan secara langsung akan mengurangi jumlah tagihan.

4. Menggunakan Alat Penghemat Listrik

Kamu bisa mengatasi pembayaran tagihan listrik dengan menggunakan alat penghemat listrik. Bisa juga dengan menggunakan sumber listrik mandiri seperti panel surya. Penggunaan alat ini akan membantu kamu mengurangi tagihan listrik bulanan. Bahkan membantu dalam mengatasi penggunaan listrik ketika mati lampu dari PLN.

Tips untuk menghemat tagihan listrik ini juga bisa sekaligus membuat kamu menjadi lebih safety dalam pemakaian listrik. Pastikan alat rumah tangga yang menggunakan listrik perlu melakukan perawatan agar tidak menarik daya terlalu besar. Contohnya pada penggunaan AC yang tidak di-service secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar