Persona Intikalia

21 Nov 2018

Melalui Permainan, Astra Ajak Masyarakat Ciganjur Kompak

Di Indonesia, terdapat satu hari yang sangat ditunggu-tunggu untuk dimeriahkan oleh masyarakat Indonesia. Hari itu adalah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tepat pada tanggal 17 Agustus, seluruh masyarakat biasa membuat banyak event untuk dimeriahkan melalui lomba-lomba yang digelar. Misalnya lomba balap karung, lomba makan krupuk, lomba panjat pinang, dan lain sebagainya.

Foto: Warta Kota/Feryanto Hadi
http://wartakota.tribunnews.com/2017/08/28/astra-gelar-festival-permainan-tradisional-di-rptra-ciganjur-berseri

Bagi masyarakat Indonesia, memperingati Hari Kemerdekaan merupakan momen yang tepat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Masyarakat Indonesia membuat lomba untuk melatih semangat generasi baru dalam berjuang. Tidak mudah menyerah untuk mendapatkan kemenangan. Mengatur strategi untuk mengalahkan lawan pun menjadi kebutuhan agar dapat memenangkan lomba yang diadakan.

Demi mewujudkan cita besar itulah, Astra memiliki cara untuk mengajak masyarakat Indonesia menjadi kompak dan bersatu. Ciganjur yang menjadi salah salah satu Kampung Berseri Astra, menjadi tempat yang tepat untuk mengusung tema Permainan Untuk Anak Negeri dalam pagelaran Festivsl Permainan Tradisional Berseri.

Dalam festival ini bertepatan pada bulan Agustus yang sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Bertemakan permainan, maka perlombaan yang digelar ialah permainan tradisional untuk anak-anak. Contohnya adalah Terompah Panjang, Gerobak Sodor, Egrang, dan lain-lain. Lomba ini diikuti oleh seluruh anak dari Kampung Berseri Astra dari wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, serta Bekasi.

Pergelaran festival yang diadakan oleh Astra ini ialah salah satu rangkaian dari festival Kampung Berseri Astra yang ada di seluruh nusantara. Harapan dari Astra untuk mengadakan festival ini adalah supaya generasi penerus Indonesia mengenal bagaimana sejarah dan tetap membudayakan permainan tradisional. Ini merupakan langkah Astra untuk berkomitmen terhadap Indonesia bahwa budaya permainan tradisional kelak tidak akan mati di kalangan generasi milenial.

Melihat kini banyak yang masih berusia dini sudah memegang dan mengoperasikan gadget. Anak-anak yang lebih senang bermain dengan dunianya sendiri dibandingkan keluar rumah dan bermain dengan teman-temannya. Kelak kehidupan sosial dari generasi ini yang akan memprihatinkan bagi Indonesia di masa mendatang. Menanggapi hal demikian, Astra membuat suatu tekad untuk membentuk Kampung Berseri dengan tujuan yang baik. Salah satunya adalah dengan membuat festival permainan tradisional.

Berbagai macam permainan yang digelar di Ciganjur membuat semua Kampung Berseri Astra yang berpartisipasi bersemangat untuk menang di setiap perlombaan. Alhasil seperti permainan Hadang dimenangkan oleh KBA Sunter Jaya, permainan Egrang dimenangkan oleh KBA Lengkong Kulon, kemudian permainan Terompah Panjang dimenangkan oleh KBA Bhakti Jaya, dan masih banyak lagi.

Event yang digelar oleh Astra di Ciganjur bukan hanya untuk anak-anak saja. Astra juga ingin memberikan apresiasi kepada para peserta lomba mural untuk mahasiswa-mahasiswi. Lomba ini sebagai pelengkap untuk mengasah kreativitas anak muda di Indonesia dalam kesenian. Dari lomba mural Astra se Jadetabek ini dijuarai oleh Big Box dari Binus University.

Dengan menggelar berbagai macam lomba, PT Astra International Tbk memiliki harapan besar bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama Kampung Berseri Astra agar tetap memajukan Indonesia dengan tidak mengesampingkan sejarah. Astra berharap dengan adanya permainan tradisional di Indonesia akan menjadi ciri khas bagi Indonesia itu sendiri.


Datangnya berbagai macam inovasi yang diberikan Astra ini akan berdampak besar kepada Indonesia di masa mendatang. Pemberdayaan manusia merupakan hal yang sangat penting dan perlu disegerakan. Dengan kekompakan, persatuan itu akan terwujud. Karena perubahan besar membutuhkan kemauan yang kuat. Dan perubahan besar ialah perubahan kecil yang telah dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar