Persona Intikalia

23 Mar 2019

Berbagai Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Semasa Kehamilan

Kehamilan menjadi salah satu momen yang sangat dinanti-nanti oleh banyak pasangan yang sudah menikah. Menjaga kehamilan menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil agar nantinya bayi lahir dengan sehat dan cerdas. Salah satu cara yang bisa dilakukan diantaranya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan. Nutrisi yang dibutuhkan bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi.


Kebutuhan gizi selama kehamilan memang perlu diperhatikan mengingat ibu hamil memiliki janin dalam kandungan yang harus diperhatikan pertumbuhannya. Beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi semasa kehamilan, antara lain:

1. Sayur dan buah-buahan

Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia bisa diperoleh dari sayur-sayuran hijau, seperti daun bayam, brokoli, dan daun katuk. Brokoli selain mengandung zat besi juga mengandung asam folat yang bagus untuk tumbuh kembang janin dan mencegah ibu hamil dari resiko anemia. Buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti pada jeruk, jambu biji, pepaya, tomat, strawberry, dlsb juga baik dikonsumsi selama kehamilan karena manfaatnya yang bisa

2. Daging, ikan, dan telur

Saat kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga, sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein, seperti daging, ikan, dan telur. Pada telur terdapat zat kolin yang baik untuk mencegah dari resiko cacat tabung saraf pada bayi.

3. Kacang-kacangan

Saat kehamilan tak jarang ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan, seperti susah buang air besar, wasir, dlsb. Mengkonsumsi kacang-kacangan sangat baik untuk pencernaan.

4. Gandum atau nasi merah

Gandum sangat kaya akan serat, vitamin E, dan selenium yang bagus untuk perkembangan janin.

5. Air putih

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih perlu diperhatikan agar bayi tidak lahir prematur. Selain itu, air putih juga baik untuk mencegah dari susah buang air besar (BAB) ataupun infeksi saluran kemih (ISK).

6. Yoghurt

Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik untuk kesehatan saluran cerna sangat dianjurkan pada ibu hamil. Makanan probiotik bisa dengan mudah kita temukan pada olahan susu berupa yoghurt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar