Persona Intikalia

26 Mar 2019

Ulasan Seputar IELTS Speaking Questions Serta Tips dan Triknya

IELTS merupakan salah satu tes menguji kemampuan bahasa Inggris yang sudah diakui dan menjadi standard di berbagai negara. Untuk nilai akhir dari tes IELTS adalah score band 1 hingga 9 dan merupakan nilai yang dihitung dari rata-rata hasil setiap tes yang dilakukan. Ada empat jenis tes yang akan dilakukan untuk menentukan nilai IELTS Anda. Mulai dari listening, reading, writing, dan juga speaking yang semuanya digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris Anda. Khusus dalam tes speaking, yang diuji mulai dari variasi vocabulary, pemahaman grammar, dan juga pengucapan bahasa inggris yang tepat.


Semua jenis tes tersebut membutuhkan persiapan yang tepat untuk mendapatkan nilai tinggi. Termasuk juga tes speaking yang membutuhkan latihan, sebelum menguji kemampuan berbicara bahasa inggris Anda dengan seorang English Native Speaker langsung sebagai pengujinya. Berlatih dengan sampel IELTS speaking test questions tentu saja dibutuhkan untuk dapat bisa mendapatkan nilai yang tinggi.

1. Siapkan diri untuk melakukan self-introduction

Ketika tes speaking IELTS ini akan dilakukan dengan native secara langsung. Hal pertama yang dilakukan pada umumnya tentu saja self introduction yang merupakan hal yang paling awal dan umum dilakukan untuk mencairkan suasana. Hal ini dapat dilakukan agar dapat mengurangi gugup yang dirasakan sebelum akan masuk pada materi dimana sang penguji akan bertanya mengenai beberapa opini Anda mengenai topik tertentu.

2. Soal tes Speaking yang sama antara Academic & General Training 

Adapun IELTS speaking questions yang akan ditanyakan oleh native speaker tentu saja menentukan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Namun tidak ada perbedaan penilaian tes Speaking antara sertifikasi tes Academic dan General Training IELTS. Anda akan diberikan satu topik tertentu oleh penguji Anda, dan Anda akan melakukan diskusi berdua mengenai topik tersebut.

Contoh pertanyaan tes Speaking:
  • Part 1: How often do you watch movies? What type of movies do you like? Have you seen movies in a cinema recently? Do you watch movies in streaming services? Do you prefer to watch movies in cinemas or stream it on your device? Why? Etc.
  • Part 2: Do you like the New Year celebration? Are there many public holidays in your country? What do people usually do on public holidays? Where do you usually go for public holidays? Should there be more public holidays?
  • Part 3: Why do you think people like reading? What are the advantages of reading? What can you do to influence others to read more? Do you think people read less nowadays? Why? Who do you think is responsible for teaching children, teachers, or parents? Why? What can parents do to encourage children to read? How do technologies involve in reading?

3. Durasi dan cara berjalannya tes

Tes speaking ini sendiri akan dilakukan setidaknya dalam waktu 11 hingga 14 menit dan akan menguji kemampuan Anda untuk berbahasa inggris yang baik dan benar secara langsung. Tes tersebut akan direkam dan dilakukan dalam tiga bagian sehingga Anda perlu untuk melakukan yang terbaik disetiap bagian tersebut agar mendapatkan nilai yang bagus. Dimana ketiga bagian tersebut adalah sebagai berikut ini:
  • Bagian yang pertama adalah peserta akan ditanya mengenai diri peserta. Hal ini merupakan topik umum yang dilakukan pada introduction sehingga pertanyaan juga hanya harus menjelaskan mengenai diri sendiri, keluarga, pekerjaan, hobi, dan juga pendidikan. Biasanya dalam sesi ini akan membutuhkan waktu setidaknya 4 hingga 5 menit lamanya.
  • Bagian kedua adalah isi dari tes speaking yang akan dilakukan sehingga IELTS speaking questions juga akan membahas mengenai topik yang tertera dalam. Biasanya peserta akan diberikan waktu setidaknya 2 menit untuk mempersiapkan diri dalam membahas topik yang diinginkan.
  • Bagian ketiga adalah menjawab pertanyaan dari topik yang telah dijelaskan oleh peserta. Hal ini akan bisa menjadi kesempatan untuk mendiskusikan topik lebih dalam dan luas.

Walaupun mempunyai waktu yang sangat singkat dibandingkan tes lainnya yaitu listening, reading, dan juga writing. Tetapi jenis tes speaking biasanya yang akan menjadi momok oleh banyak peserta tes IELTS. Dimana ada banyak sekali terjadi kesalahan yang tidak disadari oleh peserta selama tes ini baik karena gugup ataupun karena kurang menguasai materi. Pada umumnya kesalahan yang terjadi adalah karena kesalahan struktur dari bahasa Indonesia yang digunakan dengan bahasa inggris. Selain itu juga sangat penting untuk mengetahui grammar yang digunakan sehingga tidak salah untuk memilih kata yang digunakan. Oleh karena itulah sangat penting untuk Anda melakukan latihan yang rutin agar bisa mendapatkan skor tinggi untuk tes speaking ini.

Dimana salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk latihan tes speaking ini adalah dengan merekam suara. Rekaman tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi sendiri untuk mengetahui kemampuan Anda menjelaskan dalam bahasa inggris. Hal tersebut juga penting untuk latihan berbahasa inggris agar tidak gugup ketika berhadapan langsung dengan native speaker yang akan menguji. Selain itu tentunya latihan kedua yang bisa dilakukan adalah dengan berbicara bahasa inggris secara rutin dengan teman dan keluarga. Ketika melakukan tes, Anda juga perlu melakukan beberapa tips agar tes tersebut bisa berjalan lancar dan optimal. Misalnya beberapa tips mudahnya adalah sebagai berikut ini:

1. Berbicara dengan jelas

Tips pertama yang harus dilakukan agar mendapatkan skor yang tinggi pada tes speaking adalah dengan berbicara yang jelas. Untuk berbicara yang jelas maka artikulasi Anda juga harus jelas dan bisa dengan mudah dimengerti oleh native speaker. Sehingga nantinya komunikasi dapat terjadi dua arah dan Anda bisa mendapatkan nilai yang bagus. Ketika berbicara usahakan tidak perlu terburu-buru tetapi yang terpenting adalah berbicara dengan kecepatan yang tepat dan secara lancar.

2. Mendengarkan pertanyaan dan menjawab pertanyaan

Langkah selanjutnya yang bisa digunakan untuk mendapatkan nilai yang bagus adalah dengan mendengarkan pertanyaan dan menjawab pertanyaan. IELTS speaking questions penting untuk dijawab dengan tepat. Ketika Anda menjawab juga usahakan dengan menjawabnya secara langsung. Ketika pertanyaan kurang jelas juga jangan sungkan untuk meminta untuk native speaker mengulangi pertanyaan Anda agar nantinya tidak salah jawab.

3. Menjawab pertanyaan dengan percaya diri

Hal penting lainnya ketika akan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh native speaker adalah harus dilakukan dengan percaya diri. Karena hal ini merupakan poin penting bahwa Anda tidak ragu-ragu dan takut untuk berbicara dalam bahasa inggris karena memang mengetahui dan menguasai bahasa tersebut. Sehingga dengan semangat atau kepercayaan diri tersebut dapat membuat Anda untuk mempunyai skor akhir yang bagus.

4. Jangan berhenti terlalu lama

Tips selanjutnya yang bisa digunakan agar bisa mendapatkan nilai yang tinggi dalam tes speaking IELTS adalah dengan tidak berhenti dalam waktu lama. Ketika Anda akan menjawab pertanyaan memang penting untuk memilih kata yang tepat agar dapat menjawab dengan tepat. Tetapi usahakan jangan sampai untuk berhenti dalam waktu lama untuk menjawab setiap pertanyaan. Akan lebih baik untuk memikirkan jawaban terlebih dahulu sebelum menjawab sehingga jeda tersebut tidak berada di tengah menjawab pertanyaan tetapi berada di depan sebelum menjawab pertanyaan.

5. Fokus pada grammar, vocab, dan struktur kalimat yang digunakan

Dan tips terakhir yang sangat penting untuk diperhatikan agar mendapatkan nilai yang bagus dalam tes speaking adalah fokus pada hal yang penting yaitu grammar, vocab, dan juga struktur kalimat yang digunakan. Karena Anda akan berbicara dengan native yang sehari-hari menggunakan bahasa inggris sehingga akan sangat mudah untuk mengetahui kesalahan yang Anda lakukan.

Oleh karena itulah sangat penting untuk fokus pada kata yang tepat untuk digunakan ketika menjawab IELTS speaking questions. Selain itu penting juga untuk menggunakan kalimat yang tepat dengan grammar dan tenses yang sesuai dengan kondisi dalam konteks. Sehingga untuk melatih grammar, vocab, dan juga struktur kalimat tersebut memang penting untuk banyak melakukan latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar