Persona Intikalia

26 Nov 2019

Kamu Membuat Bingung Dirimu Sendiri

Pernah ga sih, kamu ketemu orang yang suka bingung sendiri? Atau ketemu orang yang suka bikin bingung dirinya sendiri. Jika kamu belum pernah ketemu model manusia seperti itu, bersyukurlah. Setidaknya kamu tidak diajak bingung bersama. Kalo makan bersama sih oke, traktir sekalian. Lah kalo diajak bingung berjama'ah, ya ga mau dong.


Salah satu contoh tipikal orang yang membuat bingung dirinya sendiri adalah orang yang percaya bahwa Alloh ada di mana-mana. Ada lagi tipikal orang yang percaya bahwa Alloh tidak ada di atas, tidak di bawah, tidak di kanan, tidak di kiri, tidak di depan, tidak di belakang. Lah trus Alloh di mana dong? Mbuh! Hehe.

Padahal simpel banget permasalahan ini. Setiap fitrah manusia (yang masih lurus) meyakini bahwa Alloh itu di atas. Ya, di atas langit. Toh kalo mereka berdoa mengapa menengadahkan tangan di atas? Kenapa tidak ke arah lain saja?

Mengapa orang menjadi bingung dengan hal yang sangat mendasar seperti pertanyaan "Alloh di mana" ini? Coba flashback balik 10 tahun atau 20 tahun yang lalu. Apa yang kamu pelajari di pelajaran agama Islam saat SD dulu. Apakah orang tuamu pernah mengajarkan bahwa Alloh itu di atas?

Kebanyakan orang Islam di Indonesia ini memang kurang perhatian dengan pendidikan Islam anaknya. Jadi ya jangan kaget, jika hal yang sangat mendasar seperti ini masih bikin bingung. Dan jangan kanget juga jika ternyata kamu menemui orang Islam yang membenci agama Islam. Ada? Ada dong.

Seperti pepatah Arab, "Orang akan membenci apa yang tidak dia ketahui".

4 komentar:

  1. Sekarang ini memang banyak orang islam yang membenci islam. Saya kok merasa pengaruh dari rezim ini juga ada yaa. Makin bermunculan. Pun banyak yang menghina islam. Framing islam yg sesuai sunnah malah identik dengan radikal.

    Ini jadi peringatan buat pribadi dan keluarga untuk terus memperbanyak ilmu ttg islam. Istiqomah di jalan sunnah. Agar tidak ikut-ikutan bingung dengan orang yang bingung itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sejak zaman Jahiliyah, framing buruk "media" tentang Islam sudah ada mas

      bahkan Rosululloh dituduh penyair gila dan tukang sihir

      hal itu wajar dan sudah menjadi sunnatulloh (hukum alam)

      sebaik-baik hal yang harus kita lakukan saat ini ya terus belajar mengenal Islam yang sejati, seperti Islam-nya Rosululloh dan para sahabatnya, agar ga ikutan bingung dan ga ikutan benci Islam

      Hapus
  2. Mantap min.. Lalu bagaimana membuktikan cinta kita kepada Allah jika kita tidak pernah melihat dan bertemu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan mengikuti sunnah (cara) Rasululloh dalam beragama dan ikhlas dalam beribadah hanya untuk Alloh semata

      Hapus