Persona Intikalia

5 Jan 2020

Sombong dan Kekalahan

Di dunia ini, banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari sebuah kesombongan. Di Islam, ini biasanya disebut dengan 'ujub (merasa kagum dengan diri sendiri). Banyak kaum yang tumbang karena kesombongan mereka.


Iblis. Dia adalah makhluk pertama kali yang mempraktikkan kesombongan. Alhasil, dia diusir dari Surga. Dan banyak cerita peperangan yang dimenangkan karena musuh mereka sombong duluan. Karena kesombongan ini, jadi terlena dalam memperhitungkan kekuatan lawan.

Atau paling gampangnya dan jelasnya, kamu lihat temanmu atau orang-orang di sekitarmu yang mereka sombong. Biasanya ga lama, mereka tumbang dari apa yang disombongkan. Misal dia pinter, lalu menyombongkan kepinterannya. Eh pas udah pindah sekolah (misal dari SMP ke SMA), dia ketemu dengan teman yang lebih pinter dari dia. Ujungnya, dia akan stres karena tidak bisa menyombongkan kepinterannya.

Tidak ada manusia di dunia ini yang suka dengan orang yang sombong. Bahkan seandainya orang sombong tadi ketemu orang sombong lainnya, dia juga tidak suka. Padahal sama-sama tukang sombong loh. Unik memang.

Omong-omong, aku nulis ini karena gatel terhadap negara yang sombong dan sok kuasa yang mau mencaplok Laut Natuna dari Indonesia. Kita lihat saja, kapan mereka tumbang karena kesombongannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar