Persona Intikalia

29 Mei 2020

Cari Cloud Hosting Murah untuk Node.js? Domainesia Punya!

Perkembangan teknologi website saat ini sudah sangat jauh. Bagi kamu yang sudah berkecimpung di dunia website sejak tahun 2000 lalu berhenti di tahun 2009, kemudian akan memulai lagi ingin kembali ke dunia website, maka kamu akan dikagetkan dengan workflow pembuatan website yang sangat berbeda antara dulu dan saat ini.


Jika dulu orang cukup belajar dari buku saja sudah bisa mempraktikkan pembuatan website. Dulu orang hanya menggunakan slicing gambar di Photoshop untuk membuat tampilan website. Saat ini? Teknik slicing gambar sudah tidak zamannya. Sudah menggunakan teknologi CSS3. Bahkan CSS sendiri juga banyak perkembangannya, seperti: SCSS, SASS, dan LESS. Di sisi lain juga ada framework CSS untuk tampilan seperti Bootstrap, Tailwind CSS, Bulma, dan banyak lagi lainnya. 

Pusing? Tentu saja. Untuk orang yang baru akan terjun di dunia website setidaknya akan minum obat sakit kepala saat pertama kali mencoba belajar bikin modern website. Tapi itu biasanya saat awal-awal saja. Kamu bisa googling dan cari tutorial yang membahas itu semua. Meski tak semua pasti bagus, namun itulah kalau belajar melalui Google.

Bagi kamu yang ingin mulai belajar modern website, kamu bisa mulai mengenal Node.js dan teman-temannya, seperti Express JS, Mongo DB, React JS. Untuk berlatih sebenarnya kamu bisa langsung praktik di localhost. Namun, jika kamu ingin langsung terjun ingin mempraktikkan secara menyeluruh, kamu butuh hosting yang support Node.js.

Mencari Hosting yang Support Node.js

Tidak semua hosting murah yang dijual oleh provider hosting mendukung teknologi Node.js loh. Tapi, kamu tidak perlu bingung, saya punya rekomendasi hosting yang suppot Node.js. Provider hosting tersebut adalah Domainesia hosting terbaik se jagad raya.

Pernah dengar nama Domainesia? Tentu saja kamu yang mencari referensi hosting pasti tahu Domainesia. Provider hosting murah Domainesia ini sudah beroperasi 10 tahun lebih. Jadi kamu tidak perlu lagi ragu berlangganan hosting di sini.

Oh ya, balik lagi ke hosting yang support Node.js, paket manakah yang mendukung Node.js di Domainesia. Berikut ini adalah cuplikan beberapa paket dari website Domainesia.

Paket di Domainesia

Kamu bisa memilih hosting Paket Super dan paket di atasnya. Hosting yang mendukung Node.js memang kebanyakan juga memiliki akses SSH. Karena Node.js pengembangannya menggunakan Terminal untuk menjalankan perintah-perintahnya.

Dengan sekitar 400 ribu per tahun, kamu sudah bisa menikmati belajar Node.js menggunakan hosting Domainesia Paket Super. Cukup murah untuk sebuah proses belajar. Namun, jika kamu ingin lebih leluasa lagi dalam mengembangkan projek Node.js-mu, kamu bisa melakukan upgrade ke paket Monster atau yang lebih tinggi dari itu.

Paket Super di Domainesia

Jangan membeli kucing dalam karung, seperti itu peribahasanya. Kita bredel apa saja sih spesifikasi dari Paket Super di Domainesia.

Dari sisi Storage

Dari sisi storage, 2 GB ini agak mepet sekali jika digunakan untuk pengembangan web berbasis Node.js. Mengapa saya bilang seperti itu? Karena node_modules saja sudah bengkak sekali ukurannya. Untuk ukuran pengembangan dasar saja biasanya sudah menghabiskan sekitar setengah GB sendiri, belum lagi jika menambah module ini dan itu. Tapi tenang saja, jika kamu hanya punya 2 projek Node.js, rasanya masih muat kok.

Dari sisi Performa

Untuk paket cloud hosting Super ini hanya dibekali RAM 768 MB dan CPU 1 Core. Rasanya cukup untuk Node.js. Saya sendiri punya VPS dengan spesifikasi RAM 1 GB dan CPU 1 Core, bisa menjalankan beberapa website WordPress. Jadi, untuk 2 projek Node.js, sepertinya masih mampu-mampu saja.

Apalagi biasanya projek Node.js yang dijadikan portofolio tidak memiliki pengunjung yang ekstrem seperti website yang sudah jalan beneran. Jadi kamu tidak perlu khawatir. Paket Super ini masih cukup. Selain itu, Domainesia sendiri mengeklaim bisa muat 2.000 pengunjung sehari.

Dari isi Kemudahan

Paket hosting Super ini di Domainesia sudah didukung dengan control panel cPanel. Artinya kamu tidak perlu pusing untuk memanage hostinganmu seperti jika pakai VPS. Harga 400 ribuan itu sudah termasuk harga cPanel setahun.

Saya sendiri, sebagai orang yang cukup lama main di dunia website, tetap saja masih merasa panel yang paling nyaman adalah cPanel. Menggunakan Plesk, VestaCP, VPSSIM, aaPanel, dan lainnya tetap tidak seenak menggunakan cPanel.

Dari sisi tambahan lainnya

Selain dari 3 hal yang saya sebutkan tadi, sisi tambahan lainnya adalah dengan hosting Domainesia 400 ribuan ini, kamu sudah mendapatkan domain .COM dan TLD domain lainnya secara gratis. Tahu sendiri 'kan, sekarang domain .COM harganya 160 ribuan. Itu yang paling murah. Kebanyakan domain .COM sekarang 170 ribu hingga 180 ribu.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu 'kan Domainesia punya paket cloud hosting murah yang mendukung pengembangan website menggunakan Node.js. Kamu bisa langsung mengunjungi halaman ini untuk melihat detail Paket Super yang disediakan oleh Domainesia.

2 komentar:

  1. reviewnya menarik banget sih, jadi pengen nyoba dan belajar Node.js melalui domainesia. kalau untuk pemula, kira-kira proper ga ya pake ini? ada tips-tipsnya ga buat kita yg pemula? terimakasih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pemula cukup mas segitu

      entar kalo udah jalanin banyak projek, baru harus ambil yang lebih besar lagi spec-nya

      Hapus