Persona Intikalia

29 Sep 2020

4 Alasan Mengapa Kamu Perlu Perawatan Oli Trafo

Oli trafo atau sering juga disebut sebagai minyak transformator merupakan bahan isolasi cari yang mempunyai fungsi utama sebagai pendingin trafo. peran oli sebagai pendingin juga perlu memperhatikan kekentalan oli trafo tersebut. tidak boleh terlalu kental supaya oli bisa mudah bersirkulasi sehingga proses pendinginan tersebut bisa berjalan dengan baik.

Perlu diketahui bahwa oli trafo juga perlu mendapatkan perawatan, dengan menggunakan mesin purifikasi oli trafo. Hal ini untuk menjaga kualitasnya tetap baik dan tetap bisa digunakan. Selain itu, perawatan ini juga dilakukan untuk mengembalikan kondisi oli trafo ke kondisi optimal. Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu melakukan perawatan oli trafo, berikut alasannya.

1. Membersihkan kotoran dalam trafo

Ada beberapa faktor yang dapat menghambat kinerja oli trafo. Misalnya saja gram-gram yang terkelupas dari gulungan trafo. Dan juga adanya partikel-partikel yang tidak diperlukan. Untuk itu dilakukan treatment oli trafo untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut.

2. Menghemat biaya

Perusahaan yang besar pasti membutuhkan biaya operasional yang besar. Untuk itu, diperlukan upaya untuk menekan pengeluaran termasuk meminimalisir pergantian alat setiap tahun. Salah satu caranya adalah dengan melakukan treatment oli trafo secara berkala sehingga lebih awet.

3. Berfungsi sebagai alat bantu flushing atau pencuci trafo

Treatment oli trafo bertujuan untuk membersihkan polutan yang menempel pada oli trafo. Secara tidak langsung, proses ini juga berfungsi untuk mencuci trafo secara keseluruhan. Dengan begitu, trafo akan kembali bersih seperti sediakala.

4. Memperpanjang usia oli trafo

Oli trafo yang melalui serangkaian treatment akan kembali menjadi murni. Dengan begitu bisa melakukan kinerjanya seperti semula. Selain kinerja yang kembali normal, dengan treatment ini juga dapat memperpanjang usia oli trafo sehingga lebih awet.

Sesuai namanya, oli trafo tentu digunakan pada trafo. Trafo sendiri haruslah memiliki kualitas baik dan mampu bertahan lama. Untuk bisa mendapatkan trafo berkualitas, kamu bisa memilih trafo yang diimpor dari luar negeri yang biasanya menggunakan Jasa Import Barang dari China. Pastikan trafo yang dipilih memiliki kualitas cukup baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar