Persona Intikalia

22 Des 2021

Tips Semir Rambut Tanpa Bleaching di Rumah

Ketika ingin tampil beda, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengubah warna rambut. Namun, ketika ingin memiliki rambut dengan warna berbeda, rambutmu harus melalui proses pewarnaan terlebih dahulu.

Proses pewarnaan ini mempunyai konsekuensi melakukan bleaching agar bisa menghilangkan warna rambut alami yang dimiliki. Sayangnya, proses bleaching ini nantinya dapat mengikis lapisan pelindung rambut dan membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya. 

Bahkan, bleaching pada rambut bisa membuatnya rapuh dan kering. Rambut yang telah di bleaching biasanya juga lebih rentan jika ditambah dengan proses styling seperti cantok. Risiko seperti inilah yang harus kamu antisipasi dengan baik. 

Sebenarnya, sekarang ini terdapat trik yang bisa kamu ikuti untuk mewarnai rambut tanpa disertai dengan bleaching dahulu. Ada berbagai tips semir rambut tanpa bleaching yang bisa kamu lakukan. 

Tips Semir Rambut Tanpa Perlu Bleaching

Berikut berbagai macam tips yang bisa kamu lakukan untuk menyemir rambut, tanpa melakukan proses bleaching, antara lain:

Pastikan kesehatan rambutmu

Rambut yang sehat menjadi kunci utama penampilan yang indah. Sebelum melakukan proses semir rambut, tidak ada salahnya kamu memastikan kesehatan rambutmu terlebih dahulu. Hindari menyemir rambut ketika dalam keadaan bercabang dan kering.

Jika sekarang ini keadaan rambutmu bercabang dan kering, lebih baik kamu merawatnya terlebih dahulu sampai pulih, kemudian lakukan proses pewarnaan. 

Pilih cat rambut yang tepat

Produk cat rambut biasanya mempunyai berbagai macam kandungan kimia sehingga bisa merusak rambut. Namun, kamu bisa memilih produk yang mempunyai kandungan bahan alami. Selain itu pastikan memilih produk pewarna rambut yang terjamin aman agar dapat memperkecil risiko alergi ketika menggunakannya. 

Cek alergi

Pengetesan alergi menjadi salah satu hal yang disarankan ahli agar bisa mengetahui apakah kulit kepalamu rentan pada pewarna rambut. Jangan sampai, terdapat perubahan kondisi tubuh ketika terkena bahan kimia yang berada dalam pewarna rambut. 

Untuk melakukan pengecekan alergi, kamu bisa mengoleskan pewarna rambut dengan menggunakan cutton bud di kulit telinga bagian belakang. Kamu bisa menunggu selama 48 jam, kemudian lihat kondisi kulit, bila tidak terjadi apa-apa, berarti pewarnaan aman dilakukan. 

Jangan mencuci rambut sebelum proses pewarnaan

Tips semir rambut tanpa bleacing yang lainnya adalah hindari keramas sebelum pewarnaan rambut dilakukan. Hal ini disebabkan karena ketika mencuci rambut, kamu juga membilas minyak alami yang ada di kepala. 

Padahal, rambut yang tidak terkena air serta sampo mempunyai kandungan minyak alami yang bagus di dalam kulit kepala. Minyak alami tersebut nantinya dapat menjaga serta menjaga kesehatan rambut. 

Kamu bisa mencuci rambut 24 jam sebelum melakukan pewarnaan sehingga minyak alami yang dikeluarkan dapat mnejadi pelindungi iritasi serta membantu mengikat warna rambut dengan efisien. Selain itu, hindari menggunakan kondisioner sebelum melakukan pewarnaan rambut.

Pilih warna yang tepat

Jika pengujian sudah dilakukan, kamu bisa mulai mengaplikasikan warna yang sudah kamu pilih.  Cara memilih warna yang sesuai, jika rambutmu memiliki warna gelap, kamu bisa memilih warna yang terang sehingga nantinya hasil perubahan akan langsung terlihat tanpa perlu bleaching. 

Apapun warna yang kamu jadikan sebagai pilihan, kamu bisa memilih warna dengan 2 tingkat lebih terang. Contohnya saja kamu ingin warna light brown, kamu bisa mencampurkan warna blonde sehingga hasil akhir pewarnaan bisa lebih terang. 

Cara semir rambut tanpa bleaching sangat mudah bukan. Kunci utamanya adalah memilih produk dengan tepat sehingga pewarnaan bisa dilakukan dengan optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar