Persona Intikalia

15 Agt 2013

Rahasia Mendapatkan Restu Nikah Muda Dari Orang Tua dan Calon Mertua

Rahasia Mendapatkan Restu Nikah Muda Dari Orang Tua dan Calon Mertua. Judul yang fantastis dan terlalu panjang, 'kan? Tapi tahu kan maksud dari judul yang panjang itu? Intinya adalah mengungkap sebuah rahasia. Sebagai seorang pemuda yang berhasil mendapatkan restu nikah muda dari orang tua dan calon mertua, sepertinya saya perlu untuk berbagi sedikit, secuil tepatnya tentang rahasia ini. Udah pada penasaran kan?

Ada yang mau bilang sok-sokan? Oke, emang faktanya saya sudah nikah, jadi terimalah fakta pahit itu nak. Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam mendapatkan restu nikah muda, cuma saja yang istimewa adalah kasusnya. Tiap orang mengalami kasus yang berbeda. Ingat! Kasus yang berbeda. Jika kamu seorang yang sama kasusnya seperti yang saya alami, mungkin bisa diterapkan. Kenapa mungkin? Karena tidak semua trik bisa dilakukan dalam kasus yang sama, ada masa berlakunya juga :P

Lantas harus bagaimana? Keep calm and stay cool. Berikut adalah beberapa rahasia yang akan saya beberkan pelan-pelan. Baca dan perhatikan secara seksama.
  1. Tanyain dulu ceweknya. Beneran mau nikah muda apa enggak? Kadang cewek itu dia kebawa arus. Banyak temennya yang nikah muda, trus dia pengen ikutan juga. Tanyain juga latar belakang kenapa dia pengen nikah muda. Jika alasannya adalah agar dapat meninggalkan maksiat, ini alasan yang benar. Kalo cuman karena lagi pengen aja, waspadalah ;)
  2. Liat kantongmu. Kira-kira udah cukup ga buat melangkah ke sana? Kadang estimasi itu tidak sesuai dengan fakta, kadang bikin optimis, kadang bikin stress. Biasanya yang bikin susah adalah kalo harus mengikuti acara adat yang beribetnya minta ampun dengan biaya yang menjulang tinggi. Tanyakan lagi ke pihak ceweknya. Kalo mereka mau yang sederhana, nah inilah berkah :)
  3. Tanyain dulu ke dirimu sendiri, sudah siap belum? Kalo sudah siap, berarti siap menanggung resiko kehidupan selanjutnya.
  4. Karena kamu udah siap, jadi secara otomatis ngomong ke calon mertua gampang. Kalo calon mertua masih nolak, jangan putus asa. Cowok gitu, masa satu dua kali udah KO? Kadang ada calon mertua yang emang mau nguji tekatmu ngelamar anaknya. Jangan takut, bapaknya dulu juga seperti kamu saat ngelamar ibunya :D
  5. Ketika datang ke rumah calon mertua, tunjukkan iktikad baikmu. Pake baju yang rapi (kalo bisa), pastikan badanmu ga bau. Ya, intinya kayak orang yang lagi mau interview cari kerja gitu lah. Tunjukkan senyummu walau nanti ujung-ujungnya mereka menolak lamaranmu. Menolak hari itu belum tentu menolak selamanya, masih ada waktu mencoba lagi.
  6. Bagian yang paling penting sebenarnya adalah bagaimana calon mertuamu memahamimu dari apa yang diceritakan calon istrimu. Kalo dia ngasih pencitraan bagus tentang kamu ke orang tuanya, ya bersyukurlah. Kalo tidak? Cari yang lain :D #ngaco
  7. Bagian yang paling susah adalah meyakinkan orang tua kita sendiri. Kadang mereka masih tidak yakin dengan anaknya. Yakinkan mereka dengan cara yang baik. Bujuk mereka. Lama-lama juga luluh ngeliat anaknya kebelet nikah :D
  8. Tunjukkan kalo kamu udah mampu ke orang tua kamu. Caranya? Tunjukkan kalo kamu punya duit buat nafkahin istri kamu nantinya.
Ya itulah 8 rahasianya. Kayaknya semua orang pada tahu yah. Cuma menjalani itu lebih sulit daripada nulisnya. Rasa deg-degan saat ke rumah calon mertua itu pasti ada, tapi justru di sinilah letak nikmatnya. Entar juga kamu akan merasakan rasa deg-degan yang jauh lebih dahsyat dari itu. Ketika rumah tangga berjalan, banyak hal yang spekulatif terjadi dan bikin deg-degan. Mungkin beberapa orang stress, tapi jika kamu yakin kalo rejeki udah diatur, itu ga bikin stress, cuma deg-degan doang.

Yakinlah rejeki udah diatur, jadi nikah muda pun ga masalah. Asal ga males cari kerja, bisa kug dapat duit. Cuma ya itu, sabar ga dengan rejeki yang pas-pasan? Kalo sabar entar juga nambah. Banyak orang yang mengalami hal ini. Namanya memulai ya berat. Ga ada ceritanya bayi baru lahir udah bisa lari. Namun tetep harus diinget, nikah muda itu sebenarnya pilihan, tapi pilihan yang enak. Bukannya maksud memprovokasi loh yah :P

Setiap orang punya timeline sendiri dalam hidupnya. Timeline milikmu berbeda dengan milikku. Jadi untuk apa kita bersikukuh untuk menyamakannya? #mantraintikali.

83 komentar:

  1. Jaman nikah dulu, umur istri saya 20 tahun.
    Termasuk nikah muda nggak ya?
    =====================================
    Wah, lama nggak ke sini tau2 warnanya jadi biru. Dulu orange...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat nikah saya 23 tahun, istri masih 19 tahun
      itu masuk nikah mudah ga pak? :P

      Hapus
    2. he? enny umurnya 19? wow :D
      beneran nikah muda tuh :D

      Hapus
    3. iya mbak, tapi sekarang udah 20

      Hapus
  2. Wiih keren mas.. ^_^
    Saya juga pengen tuuh bisa nikah muda.. Heheh..
    Kalau boleh tahu Mas umur berapa yaa nikahnya??

    Emang kayaknya faktor rezeki itu yang mesti dipersiapkan bener yaa Mas..
    Soalnya kalau maen ke rumah mertua Alhamdulillah saya berani2 aja.. :-D
    #modenekad

    BalasHapus
    Balasan
    1. umur 23 :)
      oualah, tinggal dikejar aja rejekinya ;)

      Hapus
    2. Ane lgi bingung nih, insya Allah tahun ni ane tamat kuliah, dn alhamdulilah tahun ni jga si dia ngjak nikah.. Yg jdi kndla skrng ni org tua ane, mau ngeyakinin tpi blm ad modal, ane sndiri blom ad kerjaan, bnyak yg nawarin tpi syrat nya s1.. Gmna ye..

      Hapus
    3. kalo belum ada modal, lebih baik bersabar dulu mas :)
      sabar memang rasanya berat, tapi nanti manis di akhir kug :D

      Hapus
  3. mudanya umur berapa bang? kwkw

    ente masih kuliah di ITS?

    BalasHapus
  4. judul posting yang sangat provokatif nih is :D
    hayo...siapa yang mo nyusul? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak
      saya dapat ide judul itu dari forum di facebook :D

      Hapus
  5. Hohohoho. .
    Dicateeet deh ya. . :)

    BalasHapus
  6. Saya juga nikah muda, tapi kebetulan semua pihak setuju, jadi perlu terlalu repot meyakinkan berbagai pihak, hehehe....

    BalasHapus
  7. Ya, kalau udah punya duit, meyakinkan orangtua itu kayaknya mudah. Sempat punya cita-cita begitu waktu umur 15-an, tapi sampai 8 tahun setelah itu belum mendekat ke arah duit sedikit pun... Hahaha...

    BalasHapus
  8. berdasarkan pengalaman pribadi ya :) keren

    BalasHapus
  9. Boleh juga masukannya, tapi jangan terlalu terburu2, walalupun ada pepatah lebih cepat lebih baik, tapi lihat dulu sikonnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lah bang :D
      tapi menyegerakan untuk berbuat baik itu juga perbuatan baik :D

      Hapus
  10. provokatif banget :D
    doain ya bang, ni lagi bujuk2 ortu buat dibolehin nikah muda, kalo dari calon mertua malah ditanyain kapan mau ngelamarnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekekek :D
      iya ini emang isinya provokasi bang :D

      Hapus
  11. sy baru mw rencana 2014 ..
    usiaQ 21 calon istri 23 apakaah cocok ?? kira" plus minusnya apa ya gan mhon pncerahannya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. um, saya tidak bisa menjamin saran saya ini cocok untuk semua orang

      ada kasus yang seperti kamu, ini terjadi pada kakak kelasku dulu
      lakinya 21, perempuannya 23
      sampe sekarang alhamdulillah keduanya udah punya 2 anak dan oke2 saja

      itu tergantung sifat ceweknya sih, kadang ada cewek yang ego nya terlalu tinggi kalo lebih tua dari cowoknya, tapi itu ga selalu
      kadang ada malah yang lebih penyayang :)

      saranku sih, minta pendapat ke ortu kamu dulu
      biasanya ortu agak kurang setuju kalo yang ceweknya lebih tua, takut cewek ini egonya lebih tinggi

      namun, jika kamu bisa meyakinkan ortumu bahwa cewek itu ga ego, itu akan lebih baik :)

      banyak kasus lain yang seperti ini, contohnya adalah Nabi Muhammad yang lebih muda dari Khadijah

      bisa kita lihat gimana sepak terjang beliau, beliau sangat mencintai Khadijah dari istri-istri beliau, bahkan Aisyah pun sempat cemburu ... padahal Khadijah sudah meninggal lama

      itu karena Khadijah memiliki kasih sayang yang sangat dalam pada Nabi Muhammad

      Hapus
  12. kalo org tua blm setuju karna pgn di bikin pesta ,sdgkn duit'a ga sesuai yang d harapkan gmn ?
    pdhl kn yang penting ijab kabul'a ?
    gmn cara ngeyakinin'a ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba yakin orang tua kalo pesta pernikahan itu tidak wajib dan tidak harus mewah
      kebanyakan orang tua kebawa gengsi :)

      coba tanyakan apa mereka (orang tuamu) dulu nikahnya juga pake pesta2 gitu
      kalo misalkan mereka ga pake, kenapa untuk kamu harus pake?
      apa yang sebenarnya dicari?

      kalo misalkan pake pesta, apa yang mereka dapatkan?
      senangnya sampe gimana? apa senang banget? enggak kan
      yang ada malah menghambur-hamburkan uang saja

      coba tanyakan apa benar tidak setujunya karena itu saja
      karena biasanya orang tua punya banyak pertimbangan
      yakinkan dengan cara yang baik

      jika belum bisa, bersabarlah ... namun, tetap berusaha untuk meyakinkan
      lama2 orang tuamu akan sadar bahwa anaknya sudah waktunya dan pengen banget nikah

      Hapus
    2. Saudaraku, pernikahan tidak membutuhkan omongan orang lain dan tepuk tangan mereka. Berpikirlah sedikit, anda yang membayar dan bukan mereka. Kemudian anda menyesal. Hutang bertumpuk dan orang-orang yang mendukung kalian pergi entah ke mana.

      Perlu diketahui wahai saudaraku, bahwa termasuk tradisi buruk yang meresap pada masyarakat kita apa yang disebut dengan "legalitas." Mereka menjadi bangga dengan ini yaitu mereka memakai pakaian putih besar dengan membawa ekor dan hiasan sampai pengantin wanita tidak dapat berjalan dengannya. Sejumlah kaum wanita membawakan untuknya dengan memakai selendang putih dan slop putih, di tangannya terdapat bunga. Rambutnya dan kedua pundaknya serta sedikit belahan dadanya terbuka. Lalu kedua pengantin berdiri di pelaminan. Semua ini dilakukan agar pernikahan mereka menjadi pernikahan yang terhormat.

      Ini adalah kebiasaan buruk yang dilakukan oleh umat Islam yang lemah hatinya. Mereka mengikuti bangsa Barat dan itu adalah tradisi orang Yahudi dan Nasrani.

      Janganlah anda bertanya tentang kerusakan serupa dosa besar yang dapat terjadi dari satu kejadian kerdil ini. Dan aku ketika berbicara tentang tradisi ini, seluruh cita-citaku adalah menjauhkan saudaraku, para suami, darinya dan ini beberapa keburukannya:

      Tradisi ini bukan tradisi umat Islam bahkan tradisi ini di ambil dari umat Nasrani pada tata cara pernikahan mereka. Dan merupakan hal yang telah maklum bahwa tidak diperkenankan menyerupai orang-orang kafir berdasarkan sabdaNabi: "Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk darinya.” (H.R.Abu Daud)

      Selengkapnya bisa konsultasi sendiri kepada orang yang lebih berilmu lagi daripada saya yak, :-) senang bisa membantu

      Hapus
  13. hihi penting tuh buat yang belum nikah

    BalasHapus
  14. he he bagus tuh kalau semua cowo punya sifat kaya gitu

    BalasHapus
  15. andai bisa berandai-andai, andai saya nya cowok ya... hmmm bisa nih dipake buat ngelamar si anu. hahahaha

    eh btw, mas jhon uda nikah ya? sama enny law? akhirnya. :D
    semoga langgeng hingga ke surga. Aaamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah udah nikah dengan si Enny Law :)
      amin :)

      Hapus
  16. saya umur 19 th ini tp masih bulan akhir,, sedangkan cowok aku 25. dy ngebet ngajak nikah karna tmn"nya juga udah pada nikah,, aku sebenernya mau sih diajak nikah muda tp aku takut buat ngomongnya sama orang tuaku,, mungkin ntr pikirannya org tuaku aku,aku masih kecil pikiranne blm biasa luas, egonya masih tinggi,, bisa tolong kasih penceraharannya, apa yg harus aku lakuin??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending jujur sama orang tua, karena mereka lebih berpengalaman dalam hal ini
      apa yang ada di pikiranmu, belum tentu sama jika kamu jujur ngomong
      kadang itu hanya ketakutanmu sendiri :)
      coba aja langsung ngomong baik2, insyaAlloh ada solusi

      Hapus
    2. Aku lihat komentar sblum"nya istri mas dlu wktu menikah umur 19. Apa tanggapan dr mertua mas itu?

      Hapus
    3. betul, dulu istri saya umur 19 tahun
      tanggapannya malah disuruh cepetan nikah

      Hapus
  17. Mertua mas dlu langsung menerima lamaran dr mas apa ngk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung menerima
      jadi kronologinya seperti ini:

      saya dan istri saya kenal lewat blog ini, kami terpisah jauh, saya Surabaya, dia Purwokerto, komunikasi saya hanya lewat blog dan sms.

      setelah saya sreg dengan sifat2 dia, saya memastikan apakah benar dengan datang ke Purwokerto

      saya datang pertama kali di rumahnya, hanya untuk memastikan dia bener2 cewek, dan sekaligus survei, gimana keadaan dia dan keluarganya, termasuk sifat2 keluarganya

      kedua kalinya (berselang 9 bulan) saya datang ke rumahnya bersama orang tua saya untuk melamar. sebelumnya orang tua saya dan orang tuanya sudah komunikasi melalui Skype mengenai lamaran ini. jadi pas ngelamar di sana, langsung diterima.

      ketiga kalinya ketemu, saya dan dia nikah

      intinya tetap harus komunikasi 2 keluarga. ketemukan dulu keluargamu dengan keluarga cowok kamu, nanti di sana mereka biar musyawarah, bagusnya gimana untuk kalian berdua.

      Hapus
    2. Dulu istri mas takut ngk ngomong k.ortunya kalau mas mau ngelamar dy??hehe

      Hapus
    3. ga tahu juga sih
      mungkin aja dia takut awalnya
      tapi sejak awal ketemu, saya udah bilang ke ortunya (mertua) kalo saya emang serius dengan anaknya (istri saya)
      mungkin ungkapanku itu sudah memberikan sinyal ke mertua, sehingga istri lebih gampang bilang

      Hapus
    4. Bolh minta email / gmailnya
      Mau tanya" aja.. hehe

      Hapus
    5. mending email2an sama istriku saja
      kan sama2 cewek, bisa ngertiin
      ini email istri saya: enny(at)blogspotdesign.com

      Hapus
  18. Assalamualaikum....mas mau mintak saran nih...
    Saya nur usia 22 thn pasangan saya usia 26 thn..hubungan kami baru beberapa bulan berjalan..namun kami sudah merasa saling cocok.yg jadi masalahnya mas...ortu dia kurang setuju dengan hub kami...alasannya karna saya dr kel yg bisa di bilang kurang mampu di samping itu saya bekerja untuk membantu keluarga saya.ada juga karna bude saya yg sudh menikah 4 x blm juga mendapat yg tepat..saya bingung dengan pemikiran ortu dia mas...saya harus gimna ya mas...mintak arahannya mas

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum....mas mintak sarannya ya...
    Usia saya 22 thn ..saya punya someone usia 26 thn..hub kami baru berjalan beberapa bulan.. namun kami sudah merasa cocok.yg jadi masalahnya mas...ortu dia kurang setuju dengan hub kami alasannya karna saya berasal dr keluarha yg bisa di bilng kurang mampu sehingga saya bekerja untuk membantu keluarga saya...ada juga karna bude saya sudh menikah 4 x tp blm juga ketemu yg awet gtu..tolong sarannya apa yg harus lakukan dengan jalan pikiran ortu dia yg seperti itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam mbak
      coba jelaskan kepada dia bahwa itu kan bude mbak yang bermasalah
      toh juga orang tua mbak tidak seperti itu
      pribadi seseorang itu tidak bisa dinilai dari bude atau pakde-nya
      karena jalurnya sudah beda dan jauh
      pribadi seseorang biasanya tidak jauh dari orang tuanya
      maka nilailah dari orang tuanya :)
      semoga membantu

      Hapus
  20. Iya mas...tp saya bingung kalo jalan pikiran ortu dia seperti itu...kalo dari dia sudah berfikir begitu... gak ada hubungnnya dengan bude karna kita yg mau ngejalanin...kalo mslah saya membantu keluarga saya mas...ortu dia juga takut... kalo nanti berumah tangga akan mengganggu keluarga kecil kami...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelaskanlah kepada dia kalo mbak juga punya kewajiban berbakti kepada orang tua mbak
      coba kasih kasus ke dia, apa yang akan dia lakukan jika dia di posisi mbak, pasti toh dia juga akan melakukan hal yang sama
      apalagi ortu adalah orang yang sudah menyayangi sejak kecil

      Hapus
  21. Gtu ya mas....jadi saya harus bilangnya ke dia nya ya...lalu sikap apa ya mas yg sebaiknya saya ambil untuk ibu dia... karna ibunya lah yg merasa kurang setuju...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul :)
      didiskusikan jalan yang terbaik

      Hapus
  22. Oke mas...doain ya mas n semua moga berhasil....amin....

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum.
    Tipsnya sangat menginspirasi sekali mas. Kisah mas sama dengan kisah saya. Ada lelaki yg ingin mengkhitbah saya(20) dan dia(23). Saya ya mau saja, karna dengan alasan untuk menghindari maksiat juga. Lelaki itu insyaallah akan datang kerumah secepatnya untuk mengutarakan maksudnya itu, yg saya khawatirkan, jika dgn alasan kami berdua untuk menyegerakan menikah itu karna takut terbawa maksiat malah membuat kedua orgtua kami menyuruh kami untuk tidak berkomunikasi lagi bagaimana cara saya untuk meyakinkan mereka?disamping itu saya masih kuliah semester 5 skrg. Tapi dia sudah bekerja.
    wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikun salam warohmatulloh

      insyaAlloh alasan itu tidak akan membuat ortu mu sampe begitu
      atau katakan alasan lainnya, misalkan nikah itu dapat pahala, sedangkan pacaran dapat dosa

      dan yang paling penting adalah jika elliptica memang sudah mantap mau menikah, ya curhatkan saja pada orang tua
      insyaAlloh mereka akan mengerti kalo anaknya memang sudah waktunya menikah

      semoga membantu

      Hapus
  24. Assalamulaikum wr wb.

    Saya sangat tertarik dengan tema mas di blog ini, dan saya ingin minta saran mas. Saya ini berusia 20 thn dan teman dekat(calon suami insya allah) saya 25 thun. Dia ingin mengajak ku untuk menikah dan saya pun setuju dengan permintaan dia. Karna kita sudah saling kenal di beberapa tahun lalu dan merasa cocok. Dan kemudian sy blng ke ortu saya dia ingin melamar saya . tp respon ortu saya itu di bilnag kurang setuju di skrg skrg ini di karnakan saya dng dia masih kuliah. Tp di dlm diri saya , saya ini tidak mau lagi untuk pacaran takut nntnya bnyk kemudhorotan .. Dan alhamdulialah ortu saya dgn ortu dia sudah saling ketemu untuk silahturahmi. Dan saya minta saran agar ortu saya itu setuju untuk nikah di waktu srkg tanpa harus lulus kuliah dulu, bagaiaman cara menyakininnya dan bilang ke ortu saya ??

    Mohon bantuan nya mas
    Terimakasih
    Wasalam wr wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam wr. wb.

      kalo sudah ketemu antar orang tua, harusnya lebih mudah
      tinggal mbak coba saja rayu ortu mbak
      ingat, dengan cara yang terbaik, dan kesankan kalo setelah nikah pun mbak tetep bisa melanjutkan kuliah sesuai keinginan ortu mbak

      cari waktu yang pas saat ngobrol sama ortu
      itu sih dari saya
      semoga membantu

      Hapus
  25. Sachiko Aisyah15 Agustus 2015 04.12

    Setelah saya membaca ini, saya jadi semakin yakin dan terbuka pandangan saya. Segera akan saya beritahu kepada calon saya.
    Kebetulan juga saat ini saya berumur 19 dan calon saya 23 tahun. Sama seperti mas iskandar hahaha

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum. Bolehkah saya minta email sampeyan Mas? Untuk konsultasi :)
    Suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales
      boleh2 saja, silakan email :)

      Hapus
  27. mas is,, sy mau sharing bisa ga nih kali aja bs ditemukan jln keluarnya sm mas, bs japri mas

    BalasHapus
  28. Inilah Gambaran Nasib Gadis Jepang Jika Tinggal di Indonesia

    BalasHapus
  29. Kebetulan cinta saya juga ga di restu. Bagaimana cara mendapat restu ortu ya

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum... mas saya mau nanya, umur saya 21 dan pacar saya 22 kami sudah memikirkan utk menikah muda, calon mertua saya pun sudah menyuruh saya utk menikah. Masalahnya mas org tua saya mempunyai pikirin utk ank nya tidak menikah muda, org tua saya menyuruh saya utk sukses dulu, namun di sisi calon mertua saya agar menyuruh saya segera menikah dan saya pun ingin menikah muda, nah gimana caranya agar saya dapat meyakinkan org tua saya mas? Terima kasih

    BalasHapus
  31. Mas boleh minta alamat email nya, saya ingin ngbrol tentang cara pernikan muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, email saja ke admin(at)intikali.org

      Hapus
  32. provokatif ni abang, doain juga ya bang, ni lagi bujuk2 ortu buat dibolehin nikah muda, kalo dari calon mertua malah ditanyain kapan mau ngelamarnya :D

    BalasHapus
  33. Bismillah, semoga dipermudah. minta do'anya mas.

    BalasHapus