Persona Intikalia

23 Jun 2014

Ga Hanya Cewek yang Ga Mau Dikasarin

Jadi semua berawal dari kejadian temenku yang punya MacBook. Eh karena dia lagi keburu atau apa, akhirnya dia matiin MacBook secara paksa. Caranya? Tekan tombol shutdown di sebelah kanan atas. Biasanya sih aku juga melakukan hal yang sama kalo MacBook-ku lagi ngehang atau ga jelas keadaannya. Sialnya, karena tindakan kasar itu, MacBooknya ga bisa masuk ke OS X. Dihidupin, loading sampe keluar logo Apple, lalu mati.

MacBook si Hajon

Kebayang ga sih gopohnya dirimu saat mengalami hal ini? Sebagai manusia yang normal, temenku ini bingung dengan kondisi MacBook-nya yang sedang ngambek layaknya cewek yang udah disakitin hatinya, hehe.

Dia pun ngetag aku di sebuah status FB-nya. Aku kaget aja sih, kug bisa digituin aja MacBook-nya udah ngambek kayak gitu. Padahal MacBook-ku ga sesensitif itu. Dulu aku juga pernah ngalamin hal semisal. Bedanya aku dulu gara-gara instal driver modem GSM ZTE yang ga jelas. Tiba-tiba MacBook-ku ga mau masuk OS X.

Kalo dalam kasusku, aku ga ambil pusing. Ya aku reinstal aja OS X-nya. Bim salabim, bener lagi dan bisa digunakan normal seperti sedia kala.

Sebagai teman yang sama-sama punya MacBook, aku nyaranin dia untuk ngecek keadaan Harddisk-nya. Dia bilang awalnya Harddisk-nya ga ada masalah. Aneh aja sih, masa Harddisk ga bermasalah, kug ga bisa masuk ke OS. Kemudian dia cek lagi, eh beneran ternyata bermasalah.

Aku pun sempat ngasih solusi yang agak ngaco, yaitu ganti Harddisk. Dia langsung syok banget saat aku bilang kayak gitu, hehe. Akhirnya aku kasih saran buat nyari temen dia yang rumahnya deket yang juga punya MacBook. Maklum lah, saya di Surabaya dia di Pontianak.

Setelah dipikir-pikir dia akhirnya inget kalo dia punya junior yang punya MacBook. Bravo, ini adalah celah yang bagus. Namun, ternyata OS X nya 10.6.6. Ya mau ga mau sih dia harus pinjem DVD installer-nya. Secara, untuk pembelian MacBook sekarang ga dapet DVD installer OS-nya, beda banget sama dulu.

Dia pun harus menginstall OS X lalu melakukan update yang membutuhkan waktu yang sangat lama. Kalo dihitung-hitung seharian juga dia download dan upgrade OS X. Terakhir saya dapet kabar, hingga saya nulis entri ini dia masih menjalani proses update OS X 10.9.3.

Sebenarnya sejak dulu, saat pertama kali dia beli MacBook; saya sudah menyarankan ke dia untuk download OS X lalu burn di DVD. Mungkin dia meremehkan karena ga pernah ngalamin hal buruk dengan MacBook-nya, hehe. Kalo saya sih sudah berkali-kali mengalami hal buruk, jadi selalu menyiapkan DVD instaler OS X. Toh OS X loh gratis, jadi dicopy berapa kalipun tetap legal :D

Jadi, itulah sedikit cerita mengenai kejadian MacBook yang mati suri gara-gara dikasarin sama pemiliknya. Sebenarnya MacBook ini juga kayak cewek, kalo dikasarin dia bisa ngambek habis-habisan. Kalo dihalusin, MacBook juga bakal baik sama pemiliknya, hehe.

4 komentar:

  1. mac book juga punya perasaan ya :)

    BalasHapus
  2. kalau aku, sampai sekarang ga bisa buka hdd kedua di ubuntu... mau instal 14.04 juga langsung via internet

    hdd kedua ga bisa dibuka, booting via usb/cd.dvd rom ga bisa juga

    jadi upgarde ubuntu via internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. ouwh. kug aneh gitu ga bisa booting via dvd rom?

      Hapus