Persona Intikalia

30 Mar 2018

Apa yang Terjadi Setelah 5 Tahun Menikah?

Kemarin malam sempat lihat News Feed Facebook istri saya. Nah, yang bikin aku tergelitik adalah ada emak-emak yang nge-screenshot status orang yang sedang cari calon istri. Kriterianya ada 13 biji, kriterianya bagus semua. Letak tergelitiknya adalah di bagian komentarnya. Emak-emak pada sewot dengan yang bikin kriteria. Pake ngomong cowoknya kayak apa sih pake bikin kriteria yang kayak gitu (kriteria yang almost sempurna lah). Ada yang bilang, ga ngaca apa. Dan banyak status sensi lainnya. Aku hanya ngikik saja lihat itu.


Menurutku–ingat menurutku loh yah, bukan menurut orang satu RT–sangat wajar jika seseorang membuat kriteria dalam memilih cewek yang akan dijadikan istrinya. Bahkan kalo bisa muluk-muluk sekalian. Namun, itu pasti tidak mungkin terpenuhi semua kriteria. Tapi harus bikin loh. Jangan sampe kamu ga bikin, trus lihat istri orang lain yang almost sempurna, kamunya jadi ngiler dan berpindah ke lain hati. Ini jangan sampe terjadi.

Sama halnya dengan cewek, cewek juga harus bikin kriteria yang nantinya bakal jadi suaminya. Kalo bisa sedetail-detailnya. Tapi tetap harus ingat, di dunia ini tidak ada yang ideal. Jika ada 1, 2, atau 3 kriteria yang luput, ya dimaklumi. Kan masih nyantol di banyak kriteria yang sudah kamu buat.

Kembali lagi ke 13 kriteria yang di-screenshot tersebut, sebenarnya sangat realistis menemukan cewek yang macam seperti itu, dan itu ada, nyata. Perkara mau sama kamu atau enggak, itu perkara lain yah. Hehe. Untuk menuju ke pemenuhan kriteria tersebut, maka tentu kamu harus memantaskan diri dan berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bahkan aku sempat ngegombalin istriku malam itu, aku bilang "dari 13 kriteria itu, 90% lebih (12 dari 13) kamu punya loh". Kemudian dia menahan malu tapi kelihatan banget kalo dia lagi ke-GR-an. Haha.

Ya mungkin 13 kriteria itu bagi emak-emak lain adalah probabilitas rendah. Tapi bagiku itu tidak. Sangat-sangat mungkin mendapatkan yang seperti itu. Hanya saja memang agak sedikit susah dan bersabar mencari. Bahkan yang model seperti itu tidak mungkin ditemui di jalanan. Aku yakin itu. Itu hanya akan kamu temui di cewek-cewek yang dipingit. Di zaman ini cari cewek yang dipingit itu susahnya minta ampun loh.

Oke, pembukaannya terlalu panjang yah. Hehe. Di postingan kali ini aku ingin bercerita tentang apa saja yang terjadi setelah 5 tahun menikah. Banyak hal yang terjadi di luar dugaanku dulu waktu masih belum nikah. Haha. Apa saja itu? Berikut ini detailnya.

Masih Saling Sungkan dan Menyimpan Rahasia

Ya mungkin jika baru nikah saling sungkan itu wajar. Apalagi sebelumnya ga pacaran. Pasti sungkan-sungkan lah sama pasangan. Aku pikir setelah pernikahan berjalan lama rasa sungkan dan menyimpan rahasia itu bakal hilang. Ternyata tidak.

Mungkin karena saking takutnya menyakiti pasangan, kita jadi menyepelekan keinginan pribadi dan mendahulukan kebutuhan pasangan terlebih dulu. Sebenarnya ini terjadi padaku sih, sampe akhirnya aku diinterogasi sama istri. Haha. Intinya istriku curiga denganku yang ga punya hobi. Nah loh, hobi aja ga punya. Sebenarnya sih punya. Cuma sering kali aku kesampingkan. Aku lebih sibuk memenuhi kebutuhan anak dan istri sampe lupa sama diri sendiri.

Sampe akhirnya istriku bilang kalo aku ga boleh nyimpen apa yang aku pengenin. Ya mungkin dia selama ini melihatku selalu mengalah. Hehe. Karena udah declare seperti ini, akhirnya aku utarakan semua yang aku inginkan; mulai dari beli ini itu, hingga pengen ini itu, banyak lah. Ya intinya uneg-uneg itu emang harus diutarakan sih sama pasangan. Jangan sampe nantinya jadi bom waktu.

Sedikit konyol sih, aku mengajarkan istriku biar dia ngomongnya ga terbalik (maksudnya bilang ya, tapi artinya tidak), eh malah aku sendiri yang sungkanan. Tapi itu sih kita berdua udah mulai belajar biar terbuka sih. Intinya, kalo saling terbuka kan enak, ga menebak-nebak. Main tebak-tebakan itu capek.

Gombal Tetap Ampuh

Aku pikir, setelah menikah 5 tahun, gombalanku tidak akan mampu membuat istriku tersipu. Ternyata tetap sama. Dia juga tetap tersipu dengan gombalan mautku. Aku juga bingung, ini akunya yang emang jago ngegombal atau emang istriku saja yang lemah. Haha.

Tapi secara alamiah, cewek itu emang suka dipuji dan digombalin. Makanya aku hati-hati banget bikin gombalan di blog lagi. Takutnya ada yang ke-GR-an. Kan gawat tuh! Kalo sakit gigi sih masih ada obatnya. Kalo rindu? Jangan! Rindu itu berat, biar aku saja. Eaaaa, Dilan mode on.

Masih Pengen Pacaran. Anaknya? Dititipin!

Ini sih kebiasaan buruk. Jangan ditiru yah. Kadang aku dan istri emang pengennya jalan cuma berdua aja. Bawa anak di tempat-tempat tertentu itu kadang susah mengkondisikannya. Apalagi anaknya 2 masih unyu-unyu dan potensial bikin ricuh. Hehe.

Untuk beberapa kasus, aku dan istri memang menitipkan anak ke ibuku. Ibuku sih senang-senang saja. Apalagi sekarang aku dan ibuku sudah beda rumah. Jadi sebagai nenek pasti kangen sama cucu-cucunya.

Kadang becanda sama istri kalo lagi jalan di mall, aku bilang ke istri kalo aku dan dia ini banyak orang yang ngira baru nikah. Padahal sudah beranak 3. Bahkan kadang kalo ketemu sama orang yang baru kenal, aku dikiranya belum nikah. Hehe. Ya mungkin karena mukaku yang baby face–semoga pembaca tidak muntah yah.

Sebenarnya sih bukan itu, karena memang aku tidak memakai atribut selayaknya orang yang sudah menikah. Biasanya orang yang sudah nikah pake cincin. Lah diriku? Tidak pake.

Dulu awal-awal sempat meributkan cincin sih, tapi setelah dipikir-pikir lagi, kenapa harus ribet. Ga pake juga gapapa kan. Toh di-declare di awal saja kalo sudah menikah. Jadi pupuslah harapan cewek-cewek buat deketin gue... –kepedean tingkat Kecamatan nih. Haha.

Masih Ketergantungan Sama Pasangan

Ya mungkin ini yang dibilang belahan duren hati. Di awal-awal nikah nih, aku iseng banget selalu ngebiasain istri selalu makan satu piring denganku. Sebenarnya awalnya sih tujuannya biar romantis, tapi tujuan besarnya adalah biar ga kebanyakan cucian piring. Hehe.

Nah, setelah 5 tahun, ternyata istriku masih sama. Dia paling ga bisa makan sendirian. Jadi kalo terpaksa makan sendirian–karena aku lagi di luar rumah–biasanya malah ga bisa ngabisin makanannya. Alhasil ini jadi diet alami buat istriku karena sebulan terakhir ini hampir setengahnya aku di luar rumah sehar-harinya.

Saya Masih Tetap Sama, Perusak Mood

Entah ini bawaan atau apa. Saya dianugerahi kemampuan untuk merusak mood istri saya. Hehe.

Mungkin ini karena kebiasaan model egaliter di rumah tangga saya yah. Jadi kita punya kedudukan yang sama. Saling terbuka. Namun, tetap kedudukanku sebagai suami sedikit lebih tinggi dari istri dalam beberapa hal, seperti pengambilan keputusan.

Karena saling terbuka ini, ya kadang aku main kritik saja padahal posisi istri lagi sedang tidak ingin dikritik. Jadinya dia bad mood, trus ga mau ngelanjutin tulisannya lagi.

Itu masih dalam hal tulis-menulis postingan blog. Belum lagi kalo dia lagi belanja, kadang aku bikin dia bad mood. Selera cowok dan cewek itu beda. Nah, pas dia tanya, aku jawab menurut seleraku. Jadilah dia galau antara beli atau tidak beli. Hehe.

Dan masih banyak lagi hal-hal remeh yang bikin istri saya bad mood gara-gara momennya tidak tepat.

Ngambek-ngambekan Tetap Tidak Bisa Dihindari

Pengen banget mengubah kebiasaan ngambek ini. Ini adalah kebiasaan yang tidak baik. Ya meski jarak antara ngambeknya itu tidak lama lalu baikan, tapi kan kalo bisa dihilangkan ngambeknya. Entah butuh berapa tahun lagi biar kita ga suka ngambekan gini.

Ngambek itu bikin drama dan mengurangi produktivitas loh. Kalo udah ngambek kan otak jadi sempit, kreativitas ga mungkin muncul di otak orang yang lagi ngambek. Dan ngambek ini menjadi cikal bakal kelakuan bodoh lainnya.

Kami masih belajar untuk meredam amarah akibat saling mementingkan ego masing-masing. Jika kamu nanti menikah, kamu akan mengalami hal ini ;)

Setidaknya itulah yang masih terjadi meski sudah 5 tahun menikah. Sebenarnya masih banyak hal lainnya sih, cuma aku udah capek nulisnya. Hehe.

Sampai jumpa di entri selanjutnya :)

2 komentar:

  1. Saya setuju banget sama poin soal "Gombalan masih ampuh"
    Saya udah 4 taun lebih pacaran pun, kadang-kadang pasti suka ngegombalin pacar, dan dianya masih tetep tersipu-sipu malu, hahaha.
    Pergi pacaran dan anaknya dititipin...itu ide bagus. Kayaknya bakal saya lakuin setelah nikah nanti, hahaha.

    BalasHapus