Persona Intikalia

10 Jul 2020

Berbagai Penyebab dan Tips Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Mudah

Kulit kepala yang kering serta gatal memang akan mengganggu kenyamanan serta penampilan Anda. Tak hanya itu, kulit kepala kering bisa menimbulkan sisik yang disertai dengan rasa gatal. Seperti nama yang dimilikinya, kulit kepala kering disebabkan karena kurangnya kelembapan.


Biasanya, ketika mendapati kulit kepala kering, kita akan langsung panik dan mencoba berbagai macam produk. Padahal, akan lebih baik jika mencari tahu terlebih dahulu penyebab dari kondisi ini setelah itu mencari cara mengatasi kulit kepala kering. Berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Kulit Kepala Kering

Keringnya kulit kepala ini akan menimbulkan rasa gatal dan diikuti dengan rontoknya serpihan kecil. Normalnya, penyebab kulit kering ini disebabkan karena dehidrasi, baik dehidrasi eksternal atau pun internal. Tetapi, kondisi seperti psoriasis dan eczema juga dapat menjadi penyebab keringnya kulit kepala.

Tak hanya itu, perubahan cuaca, terlalu sering keramas, mencuci rambut dengan menggunakan air panas, menggunakan shampo serta kondisioner yang bisa menguras minyak alami rambut hingga menggunakan produk untuk menata rambut secara berlebihan akan membuat residu menjadi semakin menumpuk, dan akhirnya mengelupas dan kering.

Tidak sedikit orang yang mengira jika ketombe merupakan kulit kepala kering. Sebenarnya ketombe cukup mirip dengan kulit kepala kering, namun ada beberapa perbedaan. Ketombe memiliki gejala utama, seperti terdapat serpihan yang berwarna abu-abu atau kuning dan berminyak. Selain itu kulit kepala juga terasa gatal, serpihan ketombe yang menumpuk tersebut bisa tercium bau yang berbeda.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kepala yang mengering, antara lain:

1. Rutin perawatan rambut

Mulai dari sekarang, Anda dapat melihat seperti apa rutinitas perawatan rambut yang Anda lakukan selama ini. Apakah Anda menggunakan produk perawatan secara berlebihan? Karena, seperti yang sudah disampaikan, kondisi kulit kepala kering juga bisa disebabkan karena penggunaan produk rambut secara berlebihan.

Setelah mengamati produk yang digunakan untuk perawatan rambut selama ini, Anda bisa memutuskan apakah Anda membutuhkan kondisioner dan shampo yang dapat melembapkan rambut, atau shampo yang dapat membersihkan kulit kepala untuk menghilangkan produk penataan rambut.

2. Menggunakan hair oil

Anda dapat menggunakan minyak rambut atau hair oil yang bisa digunakan sesudah atau sebelum kramas. Minyak rambut berguna untuk menutrisi rambut serta kulit kepala. Untuk mengaplikasikannya, gunakan sikat rambut berujung bulat, sikat ini akan meratakan minyak alami rambut.

3. Memilih produk yang dapat melembapkan

Agar dapat mengatasi kulit kepala yang kering, Anda juga dapat menggunakan produk yang mempunyai kekuatan untuk melembapkan tetapi tetap ringan contohnya seperti lidah buaya, zaitun serta minyak argan. Perawatan seperti krimbat lidah buaya dan spa juga sangat baik untuk dicoba beberapa minggu sekali.

4. Menggunakan obat dokter

Jika kondisi kulit kepala kering yang Anda miliki cukup parah, seperti disebabkan karena dermatitis seboroik, biasanya dokter akan memberikan shampo khusus dan resep obat. Jika obat tersebut juga tidak mampu mengurangi kondisi ini, dokter akan melakukan perawatan agar bisa mengatasi peradangan pada kulit.

Terlihat keringnya kulit kepala memang bukan hanya mengganggu penampilan keseluruhan, bahkan bila dibiarkan menjadi semakin parah, kondisi ini akan menimbulkan infeksi karena luka garukan rasa gatal. Jika Anda mengalami kondisi ini, cara pertama untuk mengatasi kulit kepala kering adalah mengganti shampo yang khusus digunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar