Persona Intikalia

18 Des 2020

Tahukah Kamu, Apa Fungsi Tulang Sebenarnya?

Tulang merupakan jaringan hidup yang terdiri dari sel-sel, serabut-serabut, serta matriks seperti halnya jaringan ikat. Tulang merupakan alat gerak pasif manusia yang bersifat keras dikarenakan matriks ekstraselulernya mengalami kalsifikasi, dan mempunyai derajat elastisitas tertentu akibat adanya serabut-serabut organik, sehingga peranannya sangat penting sebagai penyokong atau sebagai pemberi bentuk pada tubuh . Selain fungsi tersebut, tahukah kamu apa fungsi tulang sebenarnya yang lain bagi tubuh manusia?

Menurut ilmu anatomi fisiologi dalam kedokteran, fungsi tulang dibagi menjadi dua yaitu, fungsi tulang secara umum ataupun khusus. Mari simak pembahasan berikut untuk mengetahui fungsi tulang lebih lanjut.

Fungsi Umum Tulang

1. Sebagai formasi kerangka

Apa yang dimaksud dengan formasi kerangka? Tulang di sini membentuk  kerangka tubuh untuk menentukan ukuran tulang dan menyokong struktur tubuh lainnya.

2. Sebagai formasi sendi

Tulang-tulang pada tubuh membentuk persendian yang bergerak dan tidak bergerak tergantung dari kebutuhan fungsional. Sendi yang bergerak menghasilkan bermacam-macam pergerakan tergantung kepada kebutuhan.

3. Sebagai pelengket otot

Tulang-tulang pada tubuh menyediakan suatu permukaan yang membentuk suatu kerangka sehingga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot, tendon, serta ligamentum.

4. Sebagai penyokong berat badan

Tulang memiliki peranan sebagai organ tubuh yang dapat memelihara sikap tegak tubuh, sehingga dapat menahan gaya tarikan dan gaya tekanan yang terjadi pada tulang. Dengan seperti ini, tulang dapat menjadi kaku dan lentur.

5. Sebagai proteksi atau pelindung

Tulang pada tubuh membentuk rongga-rongga yang berfungsi sebagai pelindung organ dan jaringan lunak, seperti tulang yang melindungi otak, medula spinalis, jantung, paru-paru, dan organ-organ dalam rongga perut dan panggul.

6. Sebagai Hemopoiesis

Tulang juga berfungsi sebagai tempat pembentukan dari sel-sel darah, tetapi terjadinya pembentukan sel-sel darah tersebut sebagian besar terjadi pada sumsum tulang merah.

7. Memiliki fungsi imunologi

Selain memiliki fungsi sebagai penopang, tulang juga memiliki fungsi lain seperti fungsi imunologi. Fungsi ini terjadi dikarenakan limfosit B dan makrofag-makrofag dibentuk dalam sistem retikuloendotelial sumsum tulang. Sehingga limfosit B diubah menjadi sel-sel plasma yang membentuk antibodi sebagai keperluan kekebalan kimiawai, sedangkan makrofag berfungsi sebagai fagositotik.

8. Sebagai penyimpan kalsium

Tulang dalam tubuh manusia mengandung 97% kalsium tubuh, baik dalam bentuk anorganik maupun bentuk seperti butiran garam, terutama kalsium fosfat. Sebagian besar fosfor disimpan dalam tulang dan kalsium dilepas dalam darah bila tubuh memerlukannya.

9. Sebagai penyimpanan energi

Tulang juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi dikarenakan lemak atau lipid dalam tubuh disimpan di dalam sel-sel adiposa di sumsum kuning yang merupakan gudang energi bagi manusia.

Fungsi Khusus Tulang

Selain fungsi umum, tulang juga memiliki fungsi khusus sebagai berikut ini.

1. Sinus-sinus paranasalis

Yang dimaksud dengan sinus-sinus paranasalis adalah rongga-rongga tulang yang terdapat pada hidung, sehingga rongga tulang ini dapat menimbulkan nada khusus pada suara. Contohnya, pada penyanyi melakukan latihan pernafasan suara

2. Email gigi

Fungsi tulang sebagai email gigi, dikhususkan untuk melakukan aktivitas menggigit, memotong, dan menggilas makanan.

3. Fungsi penahan

Fungsi penahan sendiri biasanya terjadi pada panggul wanita, di sini tulang berfungsi untuk menahan posisi tubuh ketika merasakan sakit saat proses persalinan, sehingga memudahkan bayi untuk keluar.

Setelah mengetahui apa fungsi tulang sebenarnya secara menyeluruh,  kamu perlu menjaga kesehatan tulang karena tulang memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh. Kamu dapat melakukan cara-cara sederhana untuk merawat dan menjaga kesehatan tulangmu, seperti dengan mengkonsumsi makanan  dan minuman yang tinggi akan kalsium dan kaya akan vitamin D, melakukan olahraga secara teratur, serta kamu dapat berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D alami dari sinar matahari langsung. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar