Persona Intikalia

13 Jan 2022

Alasan Kenapa Ibu Perlu Minum Susu Penambah ASI

Tahukah Anda alasan kenapa ibu perlu minum susu penambah ASI? Menyusui si kecil menjadi sebuah momen yang berharga untuk para ibu. Bukan hanya itu, menyusui juga bisa membuat Anda melakukan bonding dengan si kecil. Seperti yang kita ketahui, ASI merupakan sumber makanan paling baik untuk tumbuh kembang si kecil.

Sayangnya, tidak sedikit ibu yang merasa rendah diri ketika mengetahui jumlah ASI yang dimilikinya kurang untuk si kecil. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang dilakukan adalah mengonsumsi susu penambah ASI. 

Susu penambah ASI merupakan susu yang dibuat secara khusus agar semakin meningkatkan pasokan ASI. Namun, apa alasan kenapa ibu perlu minum susu penambah ASI? 

Alasan Kenapa Ibu Perlu Minum Susu Penambah ASI

Ada berbagai macam alasan yang membuat ibu harus mengkonsumsi susu penambah ASI, antara lain:

1. Sebagai makanan tambahan untuk si ibu ketika menyusui

Untuk sebagian ibu, menyusui adalah pengalaman pertama yang membutuhkan kehati-hatian. Oleh sebab itu makanan ibu menyusui juga harus disesuaikan. Pola makan terbaik yang direkomendasikan bagi ibu yang sedang menyusui adalah makanan yang lengkap serta seimbang. 

Sayangnya, terkadang makanan yang lengkap dan seimbang sering terlambat dikonsumsi atau tidak lengkap dikonsumsi. Untuk melengkapi kebutuhan asupan makanan tersebut, susu penambah ASI menjadi pilihan terbaik. 

2. Dapat meningkatkan produksi ASI

Meskipun sebagai ibu sudah memperhatikan makanan yang masuk agar tidak kekurangan asupan untuk si kecil, namun ada kalanya ASI yang dimiliki berkurang. Susu penambah ASI menjadi asupan yang dibutuhkan agar dapat mendukung produksi ASI agar lancar serta meningkat. 

Faktor utama meningkatnya produksi ASI ialah menyusui secara langsung, berkelanjutan serta semakin sering. Jika semakin sering ASI dikeluarkan, nantinya akan semakin sering pula ASI diproduksi. 

3. Sebagai multivitamin untuk penambah produksi ASI

Selain mengkonsumsi makanan yang cukup untuk mendukung produksi ASI, alasan kenapa ibu perlu minum susu penambah ASI adalah pola makan ibu menyusui juga membutuhkan kalsium tambahan serta vitamin tertentu. 

Kalsium diperlukan oleh ibu menyusui agar dapat mencegah osteoporosis, mendukung pertumbuhan tulang serta gigi bayi, hingga mencegah kram otot. Oleh sebab itu jangan sampai malas mengkonsumsi susu penambah ASI. 

Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Meskipun Anda sudah mengkonsumsi susu penambah ASI, namun pengosongan payudara secara rutin maksimal per 3 jam tetap harus dilakukan. Anda juga harus menjauhi stress, agar tidak terjadi stress, seluruh anggota keluarga harus menjaga perasaan ibu yang sedang menyusui. 

Pada dasarnya, perasaan positif yang dimiliki ibu menyusui dapat membuat kuantitas ASI menjadi bertambah semakin banyak. Bukan hanya itu, Anda harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang sehingga bisa memenuhi nutrisi harian dan mendukung tumbuh kembang buah hati. 

Sayangnya, terkadang karena sudah mengkonsumsi susu penambah ASI, dan ingin berat badannya segera turun, tidak sedikit ibu yang melakukan diet secara sembarangan, padahal ini menjadi hal yang tidak disarankan.

Alasan kenapa ibu perlu minum susu penambah ASI bukan karena agar dapat mengurangi jumlah asupan makanan, namun agar gizi atau nutrisi si kecil tetap terpenuhi dengan baik sekaligus menaikkan jumlah ASI yang bisa dikeluarkan. 

Bila setelah mengkonsumsi susu penambah ASI namun tidak bisa meningkatkan jumlah produksi ASI, Anda dapat melakukan konsultasi dengan konselor laktasi atau dokter laktasi, karena bisa jadi hal ini disebabkan karena pelekatan menyusui yang kurang tepat atau berbagai macam hal medis lainnya.

2 komentar:

  1. terima kasih infonya teman lama, saya kembali ngeblog. Semoga anda sehat & bahagia selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin :)
      wah mas yansen masih aktif ngeblog yah

      Hapus